Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo saat jumpa pers penangkapan sembilan terduga teroris di Mabes Polri, Rabu 15 Mei 2019. Foto: Medcom.id/ Cindy Ang
Karopenmas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo saat jumpa pers penangkapan sembilan terduga teroris di Mabes Polri, Rabu 15 Mei 2019. Foto: Medcom.id/ Cindy Ang

Densus 88 Menangkap 9 Terduga Teroris Jaringan JAD

Nasional terorisme
Cindy • 15 Mei 2019 23:55
Jakarta: Detasemen Khusus (Densus) 88 menangkap sembilan terduga teroris jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) kelompok Jawa. Terduga terosis di tangkap di sejumlah wilayah di Jawa Tengah dan Jawa Timur.
 
"Di Jawa Tengah ada delapan terduga terorisme dan di Jawa Timur ada satu. Tujuh di antaranya pernah berangkat ke Suriah," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu, 15 Mei 2019.
 
Menurut Dedi, jaringan JAD kelompok Jawa dinilai lebih berbahaya dibandingkan kelompok JAD Bekasi dan Lampung. Sebagain besar pelaku yang ditangkap eks anggota ISIS yang pernah menjalani pelatihan militer di Suriah. Serta cakap bela diri dan mahir menggunakan senjata api.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kelompok ini cukup berbahaya, memiliki pengalaman dan terlatih. Densus butuh kehati-hatian untuk melakukan penegakan hukum terhadap kelompok ini," ucapnya.
 
Seluruh terduga teroris masih menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk menggali keterangan dari jaringan ini. Pascapenangkapan ini, Densus 88 terus bersiaga mengantisipasi aksi terorisme khususnya di wilayah Jawa.
 
"Rekan-rekan Densus masih di lapangan, berupaya semaksimal mungkin melakukan preventive strike. Upaya mitigasi semaksimal mungkin agar kelompok ini tidak melakukan aksi terorismenya di Jawa," terang Dedi.
 
Polisi menyita barang bukti berupa dua buah telepon genggam, dua kartu ATM, dua buah flashdisk, satu buah laptop, satu buah hardisk dan beberapa catatan pribadi.
 
Berikut sembilan terduga terorisme yang berhasil dibekuk Densus 88 pada Selasa, 14 Mei 2019:
1. JP sebagai Koordinator pelatihan di Jawa Tengah 2016-2018, ditangkap Pasar Sayur Bangun Sarin, Mejayan, Madiun, Jawa Timur, pukul
2. AH alias Memet, 26, ditangkap di jalan alternatif Godong Karang Rayung, Grobokan, Jawa Tengah, pukul 04.00 WIB.
3. A alias David, 24, ditangkap di Desa Gumpang, Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah pukul 05.00 WIB.
4. IH alias Iskandar, 27, ditangkap di Gemolong, Kecamatan Gemolong, Seragen, Jawa Tengah, pukul 04.40 WIB.
5. AU alias Al, 25, ditangkap di Prambatan Lor, Kaliungu, Kudus, Jawa Tengah, pukul 06.51 WIB.
6. JM alias Jundi alias Adam, 26, ditangkap di Desa Sowankidul, Kedung, Jepara, Jawa Tengah, pukul 09.00 WIB
7. AM alias Farel, 26, ditangkap di Gemolong, Seragen, Jawa Tengah, pukul 04.15 WIB
8. AS alias Tatang, ditangkap di Jalan Veteran 28, Semarang, Jawa Tengah, pukul 03.44 WIB.
9. TT alias Darma, 45, ditangkap di Jalan Veteran 28, Semarang, Jawa Tengah, pukul 03.44 WIB.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif