Tangkapan layar Metro TV
Tangkapan layar Metro TV

Rusun Nagrak, Solusi Jitu Agar Pasien di Wisma Atlet Tak Mangkrak

Nasional Virus Korona wisma atlet jakarta pandemi covid-19 Metro Siang Jakarta Lockdown
MetroTV • 22 Juni 2021 21:49
Jakarta: Ketersedian tempat tidur di Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wisma Atlet Jakarta nyaris penuh. Hingga Selasa, 22 Juni 2021 siang, ketersediaan tempat tidur di Wisma Atlet tersisa 14 persen.
 
Wisma Atlet mencoba menambah 30 tempat tidur di unit gawat darurat (UGD). Sebanyak 10 tempat tidur akan ditempatkan pada UGD di tower 6. Sisanya, 20 tempat tidur akan ditempatkan di UGD tower 7. 
 
"Untuk saat ini ada 38 tempat tidur di UGD yang sudah tersedia. Jadi, total akan ada 68 tempat tidur yang ada di UGD," demikian dilaporkan Jurnalis Metro TV Humaira Balqis saat memantau keadaan di RSDC Wisma Atlet seperti dalam tayangan Metro Siang Metro TV.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Penambahan tempat tidur di UGD sangat dibutuhkan melihat kondisi sepekan terakhir. Banyak pasien baru berdatangan. Sementara, pasien yang tengah mengalami rawat inap banyak yang mengalami desaturasi atau penurunan kadar oksigen.
 
Saat ini tercatat 6.402 pasien masih menjalani rawat inap dan isolasi terkendali. Sebanyak 10 persen di antaranya adalah pasien anak-anak. Seluruh pasien dirawat di lima tower, yakni tower 4, 5, 6, 7, dan 8. 
 
"Khusus tower 8 sudah tidak lagi menerima pasien baru karena sudah penuh," kata Humaira.
 
Saat ini, RSDC Wisma Atlet memang masih memiliki 992 tempat tidur yang belum terpakai. Namun, jika merujuk pada penambahan pasien baru per harinya di kisaran 400 hingga 600 orang, maka diperkirakan dalam dua hari akan penuh.
 
Untuk itu pemerintah sejak kemarin sore sudah memfungsikan Rumah Susun Nagrak di Cilincing, Jakarta Utara, sebagai lokasi isolasi terkendali. Berdasarkan informasi yang diterima pagi tadi, sudah ada 9 pasien yang menjalani rawat inap di sana.
 
Komandan Lapangan RSDC Wisma Atlet, Letkol Laut Muhammad Arifin, mengatakan tower 1 di Rusun Nagrak sudah siap difungsikan. "Tower tersebut memiliki kapasitas 1.000 orang," kata Arifin. (Putri Purnama Sari)
 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif