Ilustrasi kebakaran lahan. Foto: ANT/Wahdi Septiawan
Ilustrasi kebakaran lahan. Foto: ANT/Wahdi Septiawan

BMKG Siapkan Tiga Posko Hujan Buatan

Nasional kebakaran hutan
Nur Azizah • 22 September 2019 08:31
Jakarta: Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyiapkan tiga posko Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau hujan buatan. Tiga posko itu berada di Pekanbaru, Pontianak, dan Palangka Raya.
 
Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, A. Fachri Radjab, mengatakan mitigasi tersebut dilakukan bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Hujan buatan ini dilakukan sejak awal musim kemarau.
 
"BMKG aktif memberikan dukungan penyediaan informasi kondisi cuaca dan penugasan personel. Informasi rutin yang diberikan berupa prediksi potensi pertumbuhan awan hujan dan sebarannya," kata Fachri dalam keterangan tertulisnya, Jakarta, Minggu, 22 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


BMKG bakal memantau potensi pertumbuhan awan hujan hingga dua hari ke depan. Pemantauan ini menggunakan radar cuaca setiap 10 menit.
 
"Informasi tersebut vital diperlukan dalam menentukan lokasi dan waktu pelaksanaan TMC, serta dalam penentuan rute penerbangan untuk penebaran garam guna menyemai awan," ungkapnya.
 
Pada tanggal 18 September 2019 sekitar pukul 16.00 WIB terjadi hujan selama 30 menit dengan intensitas sedang di daerah Kelurahan Batu Teritip, Dumai, Riau. Sebelumnya, BMKG telah mendeteksi adanya bibit awan di daerah Dumai, Rohil, dan Padang Sidempuan.
 
Hujan terjadi setelah dilakukan penyemaian pada daerah bibit tersebut. Selanjutnya, pada tanggal 19 September 2019, dua wilayah di Riau turun hujan pada sore hari dengan intensitas deras diTeluk Blitung, Meranti , Riau.
 
Lalu hujan denganintensitas ringan turun di Kelurahan Basilam Baru,Sungai Sembilan, Dumai. Sedangkan di malam hari sekitar pukul 23.00 WIB terjadi hujan dengan intensitas deras di daerah Pasir Pangaraian Rokan Hulu.

 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif