Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) beserta beserta kedua anaknya Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kanan) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (kiri) bersiap mengikuti upacara militer pelepasan jenazah almarhumah Ani Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa B
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) beserta beserta kedua anaknya Agus Harimurti Yudhoyono (kedua kanan) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (kiri) bersiap mengikuti upacara militer pelepasan jenazah almarhumah Ani Yudhoyono di Cikeas, Bogor, Jawa B

Wapres JK Tak Hadiri Pemakaman Ani Yudhoyono

Nasional jusuf kalla sby
Achmad Zulfikar Fazli • 02 Juni 2019 15:00
Jakarta: Wakil Presiden Jusuf Kalla tak bisa menghadiri proses pemakaman Ibu Negara keenam Kristiani Herrawati Yudhoyono. Wapres mengikuti prosesi pemakaman melalui televisi.
 
"Bapak mengikuti dengan saksama proses pemakaman Ibu Ani melalui siaran langsung televisi," kata juru bicara Wakil Presiden Jusuf Kalla Husain Abdullah di Jakarta, Minggu, 2 Juni 2019.
 
Baca: Jokowi Hingga Megawati Beri Penghormatan Terakhir untuk Ani Yudhoyono

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wapres JK telah menyampaikan bela sungkawa secara langsung. Sang istri, Mufidah Jusuf Kalla juga telah melayat ke Puri Cikeas, Bogor, tadi malam.
 
Husain mengatakan Wapres JK tak bisa hadir karena harus beristirahat. Dokter, kata dia, meminta Wapres JK beristirahat di kediaman.
 
"Bapak berhalangan hadir pada proses pemakaman Ibu Ani, sedang isitrahat atas saran dokter," kata Husain.
 
Sejumlah tokoh terlihat hadir di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo telah tiba di TMP Kalibata sejak pukul 14.30 WIB.
 
Presiden ketiga Indonesia BJ Habibie, Presiden kelima Indonesia Megawati Sukarnoputri, Ibu Negara Keempat Sinta Nuriyah Wahid, dan Wakil Presiden keenam Indonesia Try Sutrisno terlihat di lokasi. Presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono langsung menyalami para tamu ketika tiba di lokasi.
 
SBY terlihat sedikit berbincang dengan Megawati usai bersalaman. Megawati juga menyalami Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono.
 
Kapolri Jenderal Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Jaksa Agung HM Prasetyo, dan Kepala Bulog Budi Waseso juga hadir di lokasi. Selain itu, terlihat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
 
Hadir pula sejumlah duta besar negara-negara sahabat seperti Dubes Korsel untuk Indonesia Kim Chang-Beom, dan mantan Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin.
 
Ani Yudhoyono meninggal di usia 66 tahun, Sabtu, 1 Juni 2019, sekitar pukul 11.50 waktu Singapura. Ani meninggal karena penyakit kanker darah yang diderita sejak Februari 2019.
 
Jenazah Ani sempat disemayamkan di Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Singapura sebelum diterbangkan ke Tanah Air. Jenazah Ibu Negara keenam Indonesia itu tiba di Bandara Halim Perdanakusuma sekitar pukul 22.55 WIB.
 
Baca: Ketua DPR Lepas Persemayaman Terakhir Ani Yudhoyono
 
Ani Yudhoyono akan dimakamkan di Blok M 129 TMP Kalibata. Makam Ani berada satu meter di sebelah barat makam Ainun Habibie dan berada di samping kanan makam sang ayah, Letjen (Purn) Sarwo Edhie Wibowo.

 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif