KRI Suharso Sediakan Pelayanan Kesehatan Korban Gempa Lombok

Dheri Agriesta 08 Agustus 2018 16:33 WIB
Gempa Lombok
KRI Suharso Sediakan Pelayanan Kesehatan Korban Gempa Lombok
Panglima TNI, Kapolri, Menkes, dan Gubernur NTB di Lapangan Tanjung, Lombok utara, NTB, Rabu, 8 Agustus 2018/Medcom.id/Dheri Agriesta
Lombok Utara: KRI Suharso membantu pelayanan kesehatan korban gempa Lombok Utara. Bantuan diterjunkan karena gempa berkekuatan 7,0 skala richter (SR), Minggu, 5 Agustus 2018, merusak sembilan puskesmas dan satu rumah sakit umum di daerah itu.

"Saat ini sudah ada rumah sakit apung KRI Suharso dan rumah sakit umum di kota, semuanya sudah siapkan perlatan mendukung pelayanan kesehatan bagi masyarakat terdampak," kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto di Lapangan Tanjung, Lombok Utara, Rabu, 8 Agustus 2018.

Petugas gabungan masih mendata jumlah korban meninggal dunia. Petugas juga masih mendata jumlah korban yang dinilai membutuhkan bantuan kesehatan karena cedera akibat gempa.


Baca: Mayoritas Bangunan Pemerintah di Lombok Utara Ambruk

Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek mengapresiasi kesiapan peralatan Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Nusa Tenggara Barat (NTB) di Kota Mataram. Rumah sakit itu memiliki fasilitas mumpuni.

Apalagi, TNI menurunkan rumah sakit apung KRI Suharso. Sebab, sekitar 266 pasien kini dirawat di rumah sakit akibat gempa.

Dari total pasien itu, sekitar 139 pasien harus menjalani operasi. Sebanyak 135 pasien menjalani operasi patah tulang.

"Jadi ini memang emergency harus dilakukan, datang KRI Suharso ini sangat membantu," kata Nila.



(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id