Gatot Nurmatyo Minta Masyarakat Bijak Bersosial Media
Gatot Nurmantyo. Foto: Istimewa
Jakarta: Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo meminta masyarakat bijak saat bersosial media. Masyarakat diminta selalu mengedepankan sikap tabayun sebelum membagikan informasi yang berseliweran.

"Pengguna medsos dapat merujuk surat Al-Hujarat ayat 6, 11, dan 12 jika ingin menggunakan sosial media. Intinya, surat tersebut menyeru untuk selalu tabayun, melarang mencela, menghina, dan merendahkan orang lain. Hal ini bisa menghindari prangsangka dan gibah (membuka aib sesama muslim)," kata Gatot, melalui keterangan tertulis, Selasa, 29 Mei 2018.

Gatot diundang menghadiri pengajian Ramadan yang digelar oleh Pemuda Muhammadiyah di Kampus Universitas Muhammadiyah Prof Dr Hamka (Uhamka), Pasar Rebo, Jakarta Timur, kemarin. Gatot mengajak masyarakat kaum milenial untuk dapat menggunakan sosial media dengan baik dan benar. 


Ia melanjutkan semua postingan di sosial media harus dapat diubah dengan sifat yang mencerahkan dan bisa dipertanggungjawabkan. "Tidak bertentangan dengan ajaran agama, norma sosial, dan etika keindonesiaan untuk  mewujudkan soliditas," imbuhnya.

Gatot mengingatkan masalah persatuan jangan sampai terkoyak. "Persatuan umat Islam dan nasionalis akan membawa kejayaan dan kebangkitan untuk negeri,” kata dia.

Gatot mengajak pemerintah menegakkan hukum secara profesional dan proporsional, mempertimbangkan kearifan lokal, serta menghamba kepada hati nurani.

Sebagai negara dengan penduduk muslim terbanyak, ia juga mengajak partai-partai Islam untuk bersatu. “Mari luruskan saf dan rapatkan barisan dalam menjaga Indonesia. Jangan memikirkan presiden dan wakil presidennya, tetapi bagaimana cara koalisi umat yang buat rakyat Indonesia ini menang" kata dia.





(UWA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id