Indonesia Undang Presiden Korsel dan Korut pada Asian Games

Dheri Agriesta 29 Juni 2018 13:00 WIB
asian games 2018
Indonesia Undang Presiden Korsel dan Korut pada Asian Games
Wakil Presiden jusuf Kalla - Medcom.id/Dheri Agriesta.
Jakarta: Presiden Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in diundang menghadiri Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang. Undangan telah disampaikan Presiden Joko Widodo.

"Memang ada, Presiden mengundang Presiden Korea Utara dan Korea Selatan, tapi kami belum menerima konfirmasi (kedatangan)," kata Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor INASGOC, Senayan, Jakarta Pusat, Jumat, 29 Juni 2018.

Pemerintah tak ingin membesarkan kedatangan dua pimpinan negara yang baru saja berdamai itu. Karena, belum ada konfirmasi yang diterima perihal kedatangan mereka ke Asian Games 2018.


Tapi, pemerintah telah merancang segala hal untuk memfasilitasi kedatangan mereka. Indonesia, kata Kalla, sangat senang jika dua pimpinan negara ini kembali bertemu dan tatap muka.

"Indonesia senang kalau kedua pemimpin itu juga reunifikasi lanjutannya dibicarakan di Jakarta," kata Kalla.

(Baca juga: Wapres JK: Indonesia Sudah Siap Gelar Asian Games 2018)

Jika dua pemimpin negara di Semenanjung Korea itu menyanggupi, Kalla meminta, publik tak melupakan gelaran Asian Games 2018.

"Dengan catatan, tidak mengubah minat Anda (media), mengurangi kemeriahan Asian Games," pungkas Kalla.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un dan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in setuju mengadopsi langkah-langkah praktis menuju koneksi dari kereta api di pertemuan pertama mereka pada akhir April 2018.

Hubungan kedua negara semakin membaik usai pertemuan kedua pemimpin berlangsung sukses. Tak hanya itu, Korsel juga membantu Korut untuk pertemuan dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump di Singapura pada 12 Juni.
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id