Kemenkes Gelar Apel Siaga Jelang Asian Games

Sunnaholomi Halakrispen 08 Agustus 2018 11:02 WIB
asian games 2018
Kemenkes Gelar Apel Siaga Jelang Asian Games
Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggelar apel siaga untuk menghadapi Asian Games 2018--Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggelar apel siaga untuk menghadapi Asian Games 2018. Sekretaris Jenderal Kemenkes Untung Suseno Sutarjo mengatakan Indonesia harus menyiapkan layanan bidang kesehatan secara optimal.

"Peran layanan kesehatan yang optimal pada major event sangat penting. Karena, ketidakoptimalan layanan kesehatan dapat menyebabkan kecacatan dan kematian yang pada akhirnya dapat memberikan dampak buruk bagi citra negara," ujar Untung yang mewakili Menkes, di Lapangan IRTI Monas, Jakarta Pusat, Rabu, 8 Agustus 2018.

Terkait pelaksanaan Asian Games, Untung memaparkan adanya layanan di empat bidang utama. Bidang pertama ialah kesehatan lingkungan dan surveilans, kemudian bidang gawat darurat. "Ketiga, Bidang keamanan pangan serta Bidang komunikasi dan penyebaran informasi," tuturnya.


Baca: Sambut Asian Games, Kemenkes Sediakan 25 Ambulans ICU

Selain itu, Untung menyatakan ada berbagai hal yang telah disiapkan oleh Kemenkes. Salah satunya pengawasan dan pemantauan kesehatan lingkungan di wisma atlet dan venue.

"Dua, pemenuhan tenaga kesehatan untuk ditempatkan di sekitar area pertandingan berupa medical station, medical center, maupun di poliklinik. Lalu penyiapan ambulans," imbuhnya.

Disiapkan juga rumah sakit rujukan. Bahkan, kata Untung, Kemenkes mengadakan pelatihan Higiene Sanitasi Pangan yang ditujukan bagi para penanggung jawab juga penjamah pangan catering di sekitar area wisma atlet dan venue.



(YDH)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id