Jumlah Korban Gempa Lombok Bertambah Menjadi 131 Jiwa

Marcheilla Ariesta 09 Agustus 2018 00:55 WIB
Gempa Lombok
Jumlah Korban Gempa Lombok Bertambah Menjadi 131 Jiwa
Gempa di Lombok. (Foto: MI/Ramdani).
Lombok: Memasuki hari ketiga pascagempa berkekuatan 7,0 skala richter di Lombok, total korban bertambah menjadi 131 jiwa. Penanganan darurat diinsentifkan, jumlah personel, bantuan logistik, alat berat dan distribusi bantuan ditingkatkan.

Tim SAR gabungan terus melakukan evakuasi dan penyisiran terhadap korban yang masih tertimbun bangunan roboh. Evakuasi mengerahkan 14 alat berat, empat anjing pelacak dan personel gabungan dari Basarnas, TNI, Polri dan sejumlah relawan.

Sebanyak 1.477 orang terluka berat dan dirawat di rumah sakit, 156.003 orang mengungsi, 42.239 unit rumah rusak dan 458 sekolah hancur. "Data ini diperkirakan akan terus bertambah mengingat pendataan belum semuanya selesai dilakukan," ucap Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).


Selain itu, bantuan kesehatan juga sudah tiba, diantaranya Kapal Rumah Sakit dr. Soeharso milik TNI yang sudah tiba di Lombok Utara pada 7 Agustus lalu. Sementara Kapal RS Apung Prabu Airlangga dalam perjalanan ke Lombok Utara.

"Rumah sakit lapangan sudah beroperasi melayani masyarakat yaitu di Sembalun di Lombok Timur yaitu RS Batalyon Kesehatan 1, dan di Lombok Utara ada 2 rumah sakit lapangan  yaitu dari RS Yonkes 2  oleh Marinir dan Kostrad. Rumah sakit dan puskesmas juga terus melakukan pelayanan kesehatan," dikutip dari pernyataan BNPB.

Sebanyak 13 tim PLN juga tengah berupaya memulihkan listrik di wilayah tersebut. Beberapa wilayah, seperti Kecamatan Tanjung sudah mulai dialiri listrik kembali.

Perbaikan listrik di sepanjang daerah Tanjung menuju Pemenang Lombok Utara masih terus dilakukan. Begitu pula dengan pembuatan sumur bor, sanitasi, dan kakus terus dilakukan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Pada 8 Agustus 2018, sebanyak 332 gempa susulan masih terus terjadi. Dari jumlah tersebut, 17 diantaranya dirasakan dengan kekuatan 3,5 hingga 6 skala richter.



(LDS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id