Warga Lombok Berhamburan Diguncang Gempa Susulan
Gempa. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Lombok Utara: Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, kembali diguncang gempa. Gempa terasa begitu kuat di Desa Medana, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara. 

Gempa terjadi sekitar pukul 13.25 WITA, Kamis, 9 Agustus 2018. Gempa membuat panik masyarakat yang sedang melintas di jalanan Desa Medana.

Pantauan Medcom.id, masyarakat awalnya sedang mengantre menunggu giliran melintas akibat pembersihan reruntuhan di Desa Medana, Tanjung. Gempa membuat masyarakat berhamburan dan meninggalkan kendaraan mereka masing-masing. 


Petugas kepolisian dan TNI yang sedang bertugas mengatur lalu lintas di sekitar lokasi meminta masyarakat tak risau karena gempa. "Jangan panik, jangan panik," kata salah satu petugas menenangkan warga. 

Baca: Gempa Susulan 6,2 SR Guncang Lombok

Namun, gempa yang terasa begitu kuat sekitar 10 detik membuat masyarakat tak menghiraukan instruksi itu. Masyarakat malah meninggalkan kendaraannya dan berkumpul ke pinggir jalan, mendekati pemukiman. 

"Jangan dekati bangunan, jauhi bangunan," teriak beberapa petugas TNI. 

Berdasarkan data dari laman BMKG, gempa yang mengguncang berkekuatan 6,2 skala richter. Gempa berpusat di 6 kilometer barat daya Lombok Utara. Gempa terjadi di kedalaman 12 kilometer dan tidak berpotensi tsunami.




(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id