Jadi Sasaran Teror, Polri Akan Perketat Pengamanan Gedung Parlemen

Faisal Abdalla 04 Juni 2018 23:00 WIB
terorisme
Jadi Sasaran Teror, Polri Akan Perketat Pengamanan Gedung Parlemen
Gedung DPR RI,--Foto: MI/Susanto.
Jakarta: Mabes Polri akan memperketat pengamanan sejumlah objek vital, termasuk kompleks parlemen di Senayan, Jakarta. Langkah tersebut dilakukan menyusul ditangkapnya tiga terduga teroris di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau (UNRI) yang menyasar gedung DPR RI. 

"Saya kira semua objek vital kita perketat dan kita amankan. Artinya termasuk gedung DPR RI dan objek vital lainnya kita perketat," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Div Humas Polri, Brigjen Mohammad Iqbal di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin, 4 Juni 2018. 

Iqbal menjelaskan, Polri akan kerja sama dengan stakeholder terkait dalam melakukan pengamanan objek vital. Salah satunya meminta bantuan TNI.


Salah satu bentuk peningkatan keamanan yang akan dilakukan Polisi adalah dengan menambah jadwal patroli. Polri juga mendorong pengelola gedung untuk menambah Closed Circuit Television (CCTV).

"Objek vital lainnya memang kita perketat, tetapi tidak dalam nuansa ketakutan ya," jelas Iqbal. 

Densus Antiteror 88 Polri sebelumnya menangkap tiga terduga teroris dari penggeledahan di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau (UNRI). Tiga terduga teroris merupakan alumni Universitas Riau.

Mereka adalah Z alumni jurusan pariwisata angkatan 2005, D alumni jurusan komunikasi angkatan 2002, dan K alumni jurusan bahasa dan sastra angkatan 2004. Ketiganya ditangkap dalam penggeledahan di sekitar Gelanggang Mahasiswa FISIP UNRI.

Polisi juga menyita empat bom rakitan siap ledak dari Gelanggang Mahasiswa FISIP UNRI. Beberapa potong pipa, delapan bubuk campuran untuk merakit bom, senapan angin, dan satu buah granat tangan juga diamankan.

Bahan peledak yang disita, yaitu pupuk KNO3, sulfur, gula, dan arang. Ketiga terduga teroris disebut rencananya akan melakukan bom bunuh diri di Gedung DPRD Riau dan Gedung DPR RI.



(DEN)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id