Presiden Joko Widodo saat memantau renovasi Masjid Istiqlal. ANT/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo saat memantau renovasi Masjid Istiqlal. ANT/Akbar Nugroho Gumay

Renovasi Masjid Istiqlal Rampung

Nasional jokowi masjid
Anggi Tondi Martaon • 25 Juli 2020 21:37
Jakarta: Renovasi Masjid Istiqlal rampung dikerjakan. Masjid terbesar di Asia Tenggara itu kini tampil lebih indah dan tertata lebih rapi.
 
"Alhamdulillah setelah 42 tahun berdiri, Masjid Istiqlal kini bersolek lebih megah," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikutip dari Instagram pribadinya, Sabtu, 25 Juli 2020.
 
Renovasi molor tiga bulan dari target yang ditetapkan yaitu April 2020. Mundurnya waktu penyelesaian karena terkendala pandemi virus korona (covid-19).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Renovasi masjid terdiri atas beberapa bagian, yakni kawasan dan bangunan masjid. Pebaikan bagian kawasan dibuat lebih rapi. Ini agar Masjid Istiqlal lebih nyaman sebagai ruang publik.
 
Perbaikan ruang publik meliputi bagian gerbang, memperbaiki tanggul, menambah plaza dan area pedagang kaki lima (PKL), kantin, hingga area parkir.
 
Sementara, renovasi struktur masjid mencakup fasad, lantai, dinding, kusen, jendela, dan pintu. Perbaikan interior meliputi ruang salat utama, area VIP, dan kantor pengurus masjid.
 
"Begitu juga instalasi solar panel pada atap selasar, atap pencahayaan, sampai pergantian signage gerbang," papar Jokowi.
 
Kepala Negara menyebutkan perbaikan masjid yang berdiri pada 1978 itu menghabiskan anggaran hingga Rp574 miliar. Perbaikan dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif