NEWSTICKER
(Ilustrasi. Foto: AFP/LIONEL BONAVENTURE)
(Ilustrasi. Foto: AFP/LIONEL BONAVENTURE)

Gusdurian Galang Dana #SalingJaga Hadapi Korona

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 18 Maret 2020 17:02
Jakarta: Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian Indonesia, Alissa Wahid membentuk gerakan #SalingJaga. Gerakan ini mengajak masyarakat Indonesia mendonasikan uang untuk pembelian pembersih tangan atau hand sanitizer bagi orang kurang mampu.
 
Termasuk peralatan perlindungan lain yang bisa digunakan masyarakat banyak. Gerakan ini salah satu upaya untuk menghadapi pandemi virus korona (covid-19).
 
"Melalui galang dana ini, kami mengajak kamu dan kita semua untuk membantu kebutuhan ekonomi masyarakat kecil dan pekerja informal yang rawan terdampak korona berupa masker, hand sanitizer, sarung tangan, dan alat perlindungan diri lainnya," kata Alissa melalui keterangan tertulis, Jakarta, Rabu, 18 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemerintah Sulap Wisma Atlet Jadi Tempat Isolasi Pasien Korona
 
Gerakan ini tercetus lantaran masih banyak warga yang masih bekerja di tengah wabah korona. Mereka mayoritas pekerja informal seperti pengemudi ojek online, pedagang keliling, penjual bahan makanan di pasar, dan lainnya.
 
"Mereka tidak punya hak istimewa untuk bekerja dari rumah. Dengan donasi dari teman-teman, kita semua tentu berharap masyarakat tak mampu dan pekerja informal dapat terlindungi dari korona dan bisa mengambil jeda sejenak dari pekerjaannya karena telah mendapatkan bantuan kebutuhan sehari-hari," ucap dia.
 
Nantinya, donasi akan disalurkan oleh jejaring komunitas lokal yang dikoordinasikan oleh de Gusdurian dan Gerakan Islam Cinta di beberapa titik yang membutuhkan. Bagi warga yang ingin berdonasi dapat mengunjungi laman Kitabisa.com/bantuekonomiwarga.
 
Tercatat, pasien korona di Indonesia per hari ini bertmabah menjadi 227 orang. Sebanyak 19 di antaranya meninggal dan 11 sembuh.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif