NEWSTICKER
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto. Foto: Medcom.id/Zaenal Arifin

Kru Kapal Diamond Princess

Menkes Tak Mau 74 WNI Sakit Setiba di Tanah Air

Nasional Virus Korona
Zaenal Arifin • 24 Februari 2020 22:21
Jakarta: Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto menyebut pemerintah berhati-hati memulangkan warga negara Indonesia (WNI) kru Kapal Diamond Princess. Sejumlah penumpang yang dipulangkan positif terjangkit virus Covid-19 setiba di negara asal.
 
"Artinya apa? Itu episentrum baru karena itu kita harus lebih hati-hati. Bagaimana negara-negara tersebut keburu-buru melakukan evakuasi, dari yang tadinya sehat, sampai di negaranya sakit," kata Terawan di Gedung Kementerian Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Jakarta Pusat, Senin, 24 Februari 2020.
 
Dia menyebut pemerintah menerapkan pedoman kehati-hatian tinggi. Ini agar wabah tidak merebak di Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Karena saat ini posisi kita masih zero (nol penderita), dan kita doakan untuk tetap zero," kata dia.
 
(Baca:Pemerintah Utamakan Evakuasi WNI dari Kapal World Dream)
 
Pemerintah mengutamakan proses evakuasi terhadap 188 WNI yang berada di Kapal World Dream. Mereka akan menjalani observasi di Pulau Sebaru, Kepulauan Seribu, Jakarta.
 
"Pemerintah akan menangani satu demi satu atas keberadaan WNI anak buah kapal di dua kapal tersebut," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Senin, 24 Februari 2020.
 
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Tokyo dan Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mencatat terdapat 78 WNI di Kapal Diamond Princess. Sebanyak 74 orang dinyatakan sehat dan 4 orang positif virus Covid-19 setelah menjalani observasi dari pemerintah Jepang. Keempatnya telah dirawat di rumah sakit di Jepang.
 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif