Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Kasus DBD Terus Melonjak

Nasional demam berdarah
Atalya Puspa • 26 Maret 2020 16:50
Jakarta: Kasus demam berdarah dengue (DBD) semakin bertambah di tengah pandemi covid-19 (korona). Hingga 24 Maret 2020, ada 34.451 kasus DBD dan 212 meninggal.
 
Direktur Pencegahan dan Pengendalian Tular Vektor dan Zoonotik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi memastikan, penanganan DBD tak akan berubah meski Indonesia juga masih dilanda virus korona.
 
"Penanganan DBD tidak berpengaruh karena adanya covid-19. Hanya, masyarakat juga harus waspada adanya DBD ini," kata Nadia kepada Media Indonesia, Kamis, 26 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, ada lima provinsi yang memiliki kasus DBD tertinggi. Yakni, Jawa Barat dengan 5.894 kasus, NTT 3.595 kasus, Lampung 3.408 kasus, Jawa Timur 2.776 kasus, dan Bali 2.173 kasus.
 
Nadia mengatakan lonjakan kasus di Jawa Barat karena faktor musiman. "Ini memang musim penularan DBD. Mungkin kasus awalnya sedikit tetapi tidak segera ditanggulangi di Jawa Barat," kata dia.
 
Baca: Hingga Pertengahan Maret, Ada 403 Kasus DBD di Sultra
 
Nadia mengimbau masyarakat melakukan serangkaian upaya pencegahan DBD. Masyarakat, terang dia, harus memberantas sarang nyamuk dengan memberikan larvasida atau abate pada tempat-tempat perindukan nyamuk.
 
"Mencegah gigitan nyamuk di pagi dan sore hari dengan menggunakan lotion ataupun penyemprot nyamuk rumah tangga. Kerja bakti di kantor, sekolah, dan tempat umum lainnya termasuk pasar dan musala," terang dia.
 
Pencegahan juga harus dilakukan di level pemerintah daerah dengan memantau apabila ada peningkatan kasus demam, dan langsung mengintervensi lingkungan.
 
"Petugas kesehatan harus memastikan bukan demam dengue atau DBD pada pasien yang datang ke fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan), karena saat ini adalah musim penularan DBD," kata dia.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif