Ilustrasi Medcom.id
Ilustrasi Medcom.id

Niat Salat Idul Adha dan Jumlah Takbir Beserta Bacaannya

Muhammad Syahrul Ramadhan • 17 Mei 2022 22:01
Jakarta: Salat Idul Adha merupakan ibadah salat sunnah dua rakaat yang dilakukan pada pagi hari di Hari Raya Idul Adha (10 Dzulhijah). Berikut niat salat Idul Adha beserta jumlah takbirnya.
 
Salat Idul Adha kedudukannya sama dengan salat Idul Fitri yang dianjurkan dikerjakan secara berjamaah. Melansir laman NU Online, Syekh M Nawawi Banten dari mazhab Syafi’i ini menjelaskan kedudukan shalat Idul Adha dan Idul Fitri pada Kitab Nihayatuz Zain sebagai berikut:
 
“Jenis kedua dari salat sunnah yang ditentukan waktunya adalah salat yang dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah adalah (shalat dua ied, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha). Shalat Id disyariatkan khusus untuk umat Nabi Muhammad SAW," seperti dikutip Medcom.id, Selasa, 17 Mei 2022.

Niat salat Idul Adha

Niat salat idul adha
Artinya: “Aku niat melaksanakan salat sunah Idul Adha (sebagai makmum/imam) karena Allah Ta’ala.”
 
Lakukan takbiratul ihram setelah membaca niat. Lalu dilanjut dengan tambahan takbir yang ada pada setiap rakaat.

Jumlah takbir salat Idul Adha

Sama seperti salat Idul Fitri, dalam salat Idul Adha ada tambahan jumlah takbir di setiap rakaat salatnya. Tambahan takbir tersebut dilakukan setelah takbiratul ihram atau sebelum rukuk.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rakaat pertama takbir dilakukan sebanyak tujuh kali dan boleh mengangkat tangan ketika takbir. Lalu, membaca kalimat tasbih:
 
Subhanallah wal hamdulillah wa laa ilaha illalloh wallohu akbar
 
Artinya: "Maha suci Allah, segala pujian bagi-Nya, tidak ada ilah kecuali Allah, Allah Maha Besar".
 
Setelah ketujuh takbir selesai dilakukan, dilanjut dengan membaca surat al-Fatihah. Kemudian dianjurkan membaca Surat al-Ghasyiyah. Setelah itu, maka lakukan ruku’, sujud, duduk di antara dua sujud, dan seterusnya hingga berdiri lagi.
 
Rakaat kedua takbir dilakukan sebanyak lima kali. Sama seperti rakaat pertama setiap takbir dilanjutkan dengan membaca kalimat tasbih.  Kemudian dilanjutkan ke ruku’, sujud, dan seterusnya hingga salam.
 
Demikian tadi niat salat Idul Adha beserta jumlah takbir dan bacaannya. Semoga bermanfaat bagi sobat Medcom.
 
 
(RUL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif