Ilustrasi - Medcom.id
Ilustrasi - Medcom.id

Korban Banjir Bakal Tuntut Pemprov DKI

Nasional banjir jakarta
Candra Yuri Nuralam • 05 Januari 2020 13:50
Jakarta: Sekelompok orang mengatasnamakan Tim Advokasi Korban Banjir DKI Jakarta 2020 berencana membuat gugatan class action ke pengadilan dengan tergugat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Mereka menggugat lantaran Pemprov gagal menangani banjir.
 
"Iya benar akan membuat gugatan," kata salah satu anggota Tim Advokasi Korban Banjir DKI Jakarta 2020 Alvon Kurnia Palma kepada Medcom.id, Minggu 5 Januari 2020.
 
Alvon mengatakan saat banjir relawan lebih sigap menolong korban ketimbang Pemprov DKI. Padahal, kata dia, pemerintah DKI seharusnya tanggap saat terjadi banjir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kenapa bisa banjir? Apa antisipasi seperti pompa, dan normalisasi dilakukan? Kami menduga hal itu tidak dilakukan (oleh Pemprov)," ujar Alvon.
 
Dia menilai Pemprov DKI lalai dalam melakukan tugasnya. Menurut dia, Pemprov DKI perlu mempertanggungjawabkan kesalahan tersebut.
 
Untuk itu dia dan timnya melakukan gugatan class action kepada Pemprov DKI. Dia juga membuka ruang untuk masyarakat korban banjir di DKI Jakarta untuk ikut melapor sebagai perwakilan dari daerah terdampaknya masing-masing.
 
"Jadi nantinya mereka jadi perwakilan dari daerah terdampaknya masing-masing, jadi mereka bisa ikut penggugat di class action ini," tutur Alvon.
 
Hingga saat ini Alvon dan timnya masih meracik gugatan yang akan dilancarkan untuk Pemprov DKI. Hingga saat ini, gugatan tersebut belum diajukan ke pengadilan mana pun.
 
"Itu masih kita formulasikan, pertama itu terkait gugatannya jenis apa, dan kedua akan diajukan di pengadilan mana, entah Pusat, Selatan, Utara, Timur atau Barat," ucap Alvon.

 

(NUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif