Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan jalan tol Mando-Bitung, Jumat, 5 Juli 2019. Foto: Istana Kepresidenan.
Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan jalan tol Mando-Bitung, Jumat, 5 Juli 2019. Foto: Istana Kepresidenan.

Presiden Pastikan Tol Manado-Bitung Segera Rampung

Nasional infrastruktur
05 Juli 2019 15:40
Manado: Presiden Joko Widodo meninjau pembangunan jalan tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara. Kepala Negara memastikan pembangunan tol yang terkendala pembebasan lahan itu segera diselesaikan.
 
"Jadi tol Manado-Bitung lapangannya masih kurang 13 kilometer yang belum pembebasan (lahan), tapi proses berjalan," kata Jokowi di lokasi pembangunan tol, Sulawesi Utara, Jumat, 5 Juli 2019.
 
Baca: Presiden 'Blusukan' ke Taman Nasional Bunaken

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Presiden menargetkan tol tersebut rampung awal tahun depan. Ia yakin kendala pembebasan lahan dapat diselesaikan dalam waktu dekat.
 
"Tadi saya sudah perintah Jasa Marga untuk secepatnya bisa diselesaikan. Mungkin maksimal Maret-April. Insyaallah," ucapnya.
 
Jalan tol sepanjang 39,9 kilometer tersebut merupakan salah satu proyek strategis nasional. Proyek yang menghubungkan dua kota terbesar di Sulawesi Utara, yakni Manado dan Bitung.
 
Jalan tol itu diharapkan mendukung sektor pariwisata dan pertumbuhan ekonomi di sekitarnya. Jalan tol ini juga akan menjadi akses utama menuju Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung dan Pulau Lembeh.
 
Baca: Keputusan Cepat Jokowi Mengembangkan Potensi Sulut
 
"Bisa nanti larinya ke pariwisata, bisa larinya ke industri. Karena nanti di Pulau Lembeh itu menjadi titik pariwisata baru di Bitung meskipun (perlu) dukungan industri terutama perikanan dan KEK yang nanti juga berhubungan dengan pelabuhan," kata Presiden.
 

(DRI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif