Almarhum BJ Habibie. FOTO: dok MI/Ramdani.
Almarhum BJ Habibie. FOTO: dok MI/Ramdani.

Habibie Berjasa Dalam Pengendalian Tembakau

Nasional bj habibie
Putri Anisa Yuliani • 13 September 2019 15:03
Jakarta: Presiden Ke-3 RI BJ Habibie disebut berjasa dalam perlindungan konsumen dan pengendalian tembakau Indonesia. Habibie mempercepat Rancangan Undang-Undang Perlindungan Konsumen (RUU PK) menjadi UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK).
 
Habibie juga berjasa dalam pengendalian tembakau dengan mengeluarkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 1999 tentang Pengamanan Rokok bagi Kesehatan. PP itu mengatur ketat pengendalian tembakau, khususnya peredaran pada iklan di media.
 
"Dan yang paling menohok adalah adanya larangan total iklan rokok di media elektronik," kata Ketua Pengurus Harian YLKI dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 13 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Regulasi ini menjadi sangat progresif untuk ukuran Indonesia. Sayangnya, larangan ini tidak berumur panjang karena direvisi oleh presiden selanjutnya yakni Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur. Iklan rokok yang semula dilarang total di media elektronik kemudian dibatasi dan hanya diizinkan tayang pada pukul 21.30-05.00.
 
YLKI meminta Presiden Joko Widodo mengadopsi kebijakan perlindungan konsumen dan pengendalian tembakau. Salah satunya, memperkuat kebijakan perlindungan konsumen di level struktur birokrasi di semua level kementerian, sebagaimana diterapkan di Malaysia dan Jerman. Termasuk, memperkuat pembiayaan perlindungan konsumen.
 
Selanjutnya dalam konteks pengendalian tembakau, Jokowi diharap punya nyali untuk melarang total iklan/promosi/sponsorship produk tembakau, rokok. Sebab, hal tersebut sudah dilarang total di seluruh dunia, termasuk dalam dunia olah raga.
 
BJ Habibie wafat di usia 83 tahun. Teknokrat kelas dunia dan Bapak Dirgantara Indonesia ini dimakamkan di sebelah makam istri tercintanya, Hasri Ainun Besari atau Ainun Habibie, di Taman Makam Pahlawan Kalibata.
 

(JMS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif