Pelari ultra maraton dari Patung Garuda Wisnu Kencana hingga Gelora Bung Karno Gatot Supariyono di garis finish. Medcom.id/Syahrul Ramadhan.
Pelari ultra maraton dari Patung Garuda Wisnu Kencana hingga Gelora Bung Karno Gatot Supariyono di garis finish. Medcom.id/Syahrul Ramadhan.

Misi Mulia Pelari 'AKAP' Demi Indonesia Bebas Narkoba

Nasional narkoba
Muhammad Syahrul Ramadhan • 31 Desember 2018 08:53
Jakarta: Gatot Sudariyono bersama tiga kawannya Suparmin, Adlan Johan, dan Cokro Sumarno berhasil menyelesaikan lari dengan jarak 1.567 kilometer. Jarak tersebut ditempuh dari Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali hingga Gelora Bung Karno di Jakarta.

Gatot dan kolega tak sekadar berlari. Mereka membawa misi mulia mengampanyekan Indonesia yang bebas dari narkoba. Kegiatan itu dilakukan bekerja sama dengan Kementerian Sosial dan Badan Narkotika Nasional.

“Kami buat tema berlari itu kegiatannya, bersatu membertas narkoba tidak bisa sendirian dan Indonesia harus bebas narkoba,” kata Gatot di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu, 30 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



Jarak tempuh 1.567 kilometer jelas tak pendek. Gatot menyebut berdasarkan jarak tempuh lari ini tergolong ultra maraton. Gatot berkelakar bahwa mereka merupakan pelari antar kota antar provinsi (AKAP). Gatot juga mengungkapkan alasan pemilihan garis start di Patung GWK dan finish di GBK. Menurutnya, dua lokasi itu diresmikan bertepatan dengan perhelatan Asian Games 2018 dan Asian Paragames 2018.

"Dan sebagai tagline GWK-GBK rasanya waw sekali," kata Gatot.

Aksi Gatot dan koleganya ini menuai pujian dari Kepala BNN Komjen Heru Winarko. Heru menilai aksi Gatot dan tiga kawannya bisa menjadi contoh bagi generasi muda untuk hidup sehat.

Apalagi, usia Gatot dan tiga kawannya tak bisa dibilang muda. Gatot yang lahir di Surabaya ini telah menginjak 57 tahun. Sementara Adlan Djohan dan Cokro Sumarno berusia 47 tahun dan Suparmin 37 tahun. 

“Terimakasih Pak Gatot dan tim berlari bersatu memberantas narkoba, mereka senior-senior saya  masih kuat berlari, ini bukti hidup sehat tanpa narkoba” kata Heru.



(DRI)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi