Presiden Joko Widodo--Medcom.id/Dheri Agriesta.
Presiden Joko Widodo--Medcom.id/Dheri Agriesta.

Jokowi Bagikan 204 Sertifikat Wakaf di Bekasi

Nasional pilpres 2019 Jokowi-Ma`ruf
Dheri Agriesta • 25 Januari 2019 14:37
Bekasi: Usai menunaikan Salat Jumat, Presiden Joko Widodo membagikan 204 sertifikat wakaf di Masjid Agung Al-barkah, Bekasi, Jawa Barat. Sertifikat wakaf itu merupakan milik masjid, musala, pesantren, dan sarana pendidikan.
 
"Alhamdulilah kita serahkan 204 sertifikat untuk masjid, musala, tempat pendidikan, dan pondok pesantren," kata Presiden di Masjid Raya Al-barkah, Bekasi, Jawa Barat, Jumat, 25 Januari 2019.
 
Presiden menegaskan sertifikat penting dipegang pemilik lahan. Apalagi, lahan yang digunakan untuk tempat ibadah dan sarana pendidikan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut lahan tak bertuan rawan disengketakan. Ia mencontohkan sebuah lahan di pusat Kota Jakarta.
 
Dulu, kata Jokowi, harga lahan di Kota Jakarta cukup murah. Sebuah masjid pun dibangun di lahan tersebut. Tapi, saat ini harga tanah di Jakarta mencapai Rp120 juta per meter.
 
Lahan itu pun disengketakan. Nahas, lahan yang dibangun masjid itu belum memiliki sertifikat.
 
Baca: Jokowi Bagikan Ribuan Sertifikat Tanah di Cengkareng
 
Pemerintah pun sadar dengan potensi sengketa di tanah wakaf. Kementerian Agraria dan Tata Ruang pun diminta mengebut penerbitan sertifikat di tanah wakaf. "Enggak cuma di Jawa Barat (penerbitan sertifikat), kita serahkan di Aceh, Sumbar, Riau, Banten, Sulsel, karena banyaknya sengketa lahan di tanah dhuafa," jelas Presiden.
 
Jokowi mengapresiasi kinerja Kementerian Agraria dan Tata Ruang dalam penerbitan sertifikat tanah. Ia berharap tak ada lagi sengketa lahan di masa depan. "Semoga sertifikat ini dipegang ini kita harapkan tidak ada lagi sengketa," kata Jokowi.
 
Sebelumnya, Presiden Jokowi juga membagikan sertifikat tanah di Tangerang Selatan. Presiden membagikan 40.172 sertifikat di Pangkalan Udara Pondok Cabe, Tangerang Selatan.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif