Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho - Medcom.id/Ilham Pratama Putra.
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho - Medcom.id/Ilham Pratama Putra.

Ketinggian Tsunami Selat Sunda Mencapai 5 Meter

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Ilham Pratama Putra • 25 Desember 2018 20:26
Jakarta: Ketinggian tsunami Selat Sunda disebut mencapai 5 meter. Informasi itu didapat dari laporan masyarakat dan petugas.

"Tinggi tsunami berdasarkan informasi lapangan baik dari masyarakat, petugas dan sebagainya bervariasi. Ada mengatakan 2 meter. Ada juga yang mengatakan di daerah sekitar Kecamatan Sumur, Tanjung Lesung lebih dari 5 meter," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho di Gedung BNBP, Selasa, 25 Desember 2018.

BNPB sudah menerjunkan tim khusus untuk memetakan ketinggian tsunami Selat Sunda. Pemetaan ini dinilai penting untuk mencari korban.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?



"Pemetaan ini berguna untuk memperkirakan lokasi pencarian korban," ujar dia. Baca: 6 Desa di Kecamatan Sumur Masih Terisolasi

Kecamatan Tanjung Lesung, Kecamatan Sigelis, Kecamatan Cigaliung, Kecamatan Cimanggu, dan Kecamatan Sumur menjadi wilayah terparah yang terdampak tsunami. Sedangkan kawasan Pantai Carita diterjang tsunami setinggi 2 meter hingga 2,5 meter.

Sutopo pun tak heran bangunan-bangunan di sekitar pinggir pantai rata dengan tanah. Pasalnya, tsunami yang menerjang bangunan-bangunan seperti hotel maupun villa, lebih dari 2 meter.

"Itulah kerusakannya cukup masif. Kalau hanya 30 cm hingga 1 meter dampaknya tidak seperti ini. Wajar jika disebutkan tinggi tsunami mencapai 5 meter," tutur dia.

Petugas BNPB saat ini masih mengevakuasi korban. Namun, proses tersebut masih menemui beberapa kendala akibat banyak material-material dari bangunan yang terseret arus.


(AZF)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi