Letjen Doni Monardo saat dilantik menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Foto: Medcom.id/Dheri.
Letjen Doni Monardo saat dilantik menjadi Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Foto: Medcom.id/Dheri.

BNPB Prioritaskan Rehabilitasi Empat Provinsi

Nasional bnpb
Dheri Agriesta • 09 Januari 2019 15:40
Jakarta: Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana(BNPB) Doni Monardo berjanji memprioritaskan rehabilitasi empat provinsi yang diterjang bencana. Wilayah itu ada di NTB, Sulteng, Banten, dan Lampung.
 
"Menyelesaikan beberapa wilayah yang mengalami bencana baik itu di Lombok, Palu, dan terakhir di Banten dan Lampung," kata Doni usai dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 9 Januari 2019.
 
Doni akan menyiapkan langkah-langkah yang diambil. Ia akan berkoordinasi dengan pejabat di BNPB agar memahami masalah yang dihadapi. "Selanjutnya saya akan melakukan beberapa langkah untuk turun ke lapangan," kata dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya penanganan, Doni akan fokus pada mitigasi bencana. BNPB akan menyusun rencana agar mitigasi bencana dapat ditingkatkan.
 
Mitigasi bencana tak hanya menjadi urusan pemerintah pusat. Doni ingin pemerintah daerah ikut memperhatikan masalah mitigasi bencana.
 
"Mudah-mudahan sampai ke tingkat desa termasuk ke RW. Semua harus dilibatkan," kata mantan Danjen Kopassus itu.
 
Baca: Kalla Ingin Simulasi Bencana Digelar Teratur
 
BNPB juga tak menutup kemungkinan memasukkan mitigasi bencana dalam kurikulum pendidikan. Pokoknya, kata Doni, seluruh elemen masyarakat harus siap ketika menghadapi bencana.
 
"Termasuk daerah dengan potensi bencana yang tinggi. Mungkin dari rumah tangga balita juga disampaikan. Sehingga persiapannya lebih maksimal," pungkasnya.
 
Presiden Joko Widodo melantik Letjen Doni Monardo sebagai Kepala BNPB menggantikan Laksmana Muda (Purn) Willem Rampangilei.
 
Pengangkatan Doni diatur dalam Keputusan Presiden Nomor 5/P/2019 tentang Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana. Doni akan diberikan kewenangan dan pengelolaan keuangan setingkat menteri.
 

 

(FZN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif