Transmiter Lion Air Ditemukan

Dian Ihsan Siregar 05 November 2018 13:24 WIB
Lion Air Jatuh
Transmiter Lion Air Ditemukan
Petugas gabungan memindahkan puing-puing pesawat Lion Air JT 610 ke dalam truk milik KNKT di Dermaga JICT 2,Tanjung Priok, Jakarta Utara. Foto: MI/Ramdani.
Jakarta: Emergency locator transmitter (ELT) dan flight direction pesawat Lion Air dengan nomor registrasi PK-LQP ditemukan. Benda itu didapatkan penyelam gabungan, Minggu, 4 November 2018. 

"Cuma karena waktu, jadi kita turunkan hari ini. Ini ada ELT, posisi ELT itu di kokpit. Satu lagi kita temukan juga flight direction yang menentukan arah penerbangan," kata Komandan Satuan Kapal Amfibi Koarmada I Kolonel Laut (P) Bambang Trijanto di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2, Jakarta, Senin, 5 November 2018.

Menurut dia, ELT ditemukan di kedalaman 30 meter dari permukaan air di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat. ELT berguna untuk memberikan informasi kepada pilot jika pesawat sudah keluar dari jalur yang ditentukan. 


Tim juga mendapatkan roda pesawat dengan dudukannya di ke dalamanan 30 meter. "Lokasi penemuan keduanya tidak jauh dari FDR (f‎light data recorder) yang ketemu beberapa hari lalu," ungkap dia.

Baca: Pencarian CVR Dikebut

Sementara itu, saat ini tim masih mencari cockpit voice recorder (CVR). Kapushidrosal Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro menyatakan pencarian CVR masih satu area dengan penemuan FDR yang didapatkan ‎Kamis, 1 November 2018.

Harjo menjelaskan jika CVR ditemukan, kondisi kokpit sebelum pesawat jatuh akan lebih terang. Pencarian CVR pun bakal memaksimalkan armada yang dimiliki TNI. "Memang agak sulit CVR itu. Saya coba optimalkan, karena itu kuncinya disitu," ucap Harjo Susmoto.






(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id