Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Istimewa
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Istimewa

Pemerintah Kawal Akselerasi Pengembangan Vaksin Merah Putih

Nasional Virus Korona vaksin covid-19 Satgas Covid-19
Siti Yona Hukmana • 20 November 2020 09:07
Jakarta: Vaksin Merah Putih dikembangka enam perguruan tinggi dan lembaga penelitian terkemuka di Indonesia. Bibit vaksin covid-19 diharapkan segera diserahkan kepada PT Bio Farma agar bisa diuji klinis tahap I hingga tahap III pada 2021.
 
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito
memastikan pemerintah mengawal akselerasi vaksin covid-19 karya anak bangsa tersebut. Dengan demikian, distribusi vaksin dapat segera dilakukan.
 
"Jika seluruh tahapan uji klinis berjalan dengan baik, maka izin edar diproyeksikan diperoleh pada akhir 2021, dan akan didistribusikan pada awal 2022," kata Wiku melalui keterangan tertulis, Jumat, 20 September 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, uji klinis tahap III vaksin covid-19 dari Sinovac yang sedang berjalan tidak menemukan gejala ikutan paskaimunisasi (GIPI). Tidak ada gejala berat atau efek samping membahayakan dari 1.620 relawan yang divaksinasi tim Universitas Padjajaran, Bandung, Jawa Barat.
 
"Hanya ditemukan gejala ringan seperti nyeri dan pegal-pegal otot pada bekas suntikan. Tidak ditemukan efek samping serius karena vaksin maupun vaksinasi," ungkap Wiku.
 
Baca: Satgas Covid-19: Jangan Takut Divaksin
 
Pemerintah berupaya agar program vaksinasi dapat segera berjalan. Program vaksinasi sangat bergantung pada proses pengembangan. Berbagai kandidat vaksin yang saat ini diuji klinis memastikan keamanan, efektivitas, dan dosis aman yang dapat digunakan.
 
"Sesuai yang sudah disampaikan Presiden (Joko Widodo), kami berharap vaksinasi massal dapat dilakukan secepatnya jika vaksin sudah siap," kata Wiku.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif