Content marketing, native advertising, dan influencer marketing menjadi salah satu tren pemasaran dengan pertumbuhan tercepat (Foto:Workitdaily.com)
Content marketing, native advertising, dan influencer marketing menjadi salah satu tren pemasaran dengan pertumbuhan tercepat (Foto:Workitdaily.com)

Solusi Promo Content Marketing, Native Advertising, dan Influencer Marketing dalam Satu Platform

Nasional marketing
M Studio • 14 Oktober 2016 12:02
medcom.id, Jakarta: Beberapa tahun belakangan ini, content marketing, native advertising, dan influencer marketing menjadi salah satu tren pemasaran dengan pertumbuhan tercepat, terutama di ranah digital.
 
Menurut data survei EConsultancy, pada 2015/2016, para pemasar berencana meningkatkan nilai investasi mereka untuk program content marketing, hingga 73 persen, lebih  populer dari email marketing, paid search, atau display advertising.
 
Alasannya, banyak pula temuan studi yang mengungkapkan bahwa pesan pemasaran lewat iklan banner kerap dianggap sebagai spam oleh pengguna internet. Ditambah lagi, naiknya harga pasang iklan di berbagai media digital dan pertumbuhan pengguna yang mengunduh ad blocker.    
    
Hal tersebut membuat iklan banner dirasa kurang efektif. Bahkan, dikabarkan budget paid  media merosot hingga 16 persen. Kondisi ini membuka peluang pertumbuhan native advertising karena fokus pada peningkatan kesadaran publik terhadap keberadaan dan reputasi brand melalui kegiatan pemasaran yang berporos pada konten sebagai alat untuk mengedukasi dan mengkonversi sasaran pasar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Namun, membuat konten yang berkualitas untuk kegiatan content  marketing dan native advertising, ada beberapa tantangan yang mesti dilalui para marketer, seperti mengetahui siapa kreator konten yang tepat dan sesuai budget, memastikan efektivitas dan dampak campaign, serta melacak performa konten yang kini belum jelas standar pengukurannya.    
    
Untuk menjawab persoalan di atas, Patrick Searle dan Anthony    Reza, dua marketer yang berpengalaman (salah satunya di Ogilvy), meluncurkan GetCRAFT.com (Indonesia's Premier Content Network) ,satu wadah untuk  menghubungkan brand dan marketer dengan 1.000+ kreator konten yang siap membantu membuatkan konten berkualitas. Mulai dari artikel, video, foto, hingga infografis. Selain itu juga menghubungkan brand dengan 500+ media massa dan influencer di media sosial.    
    
GetCRAFT.com  pun telah mendapatkan penghargaan Accenture Consumer  Innovation Awards pada ajang Millennial 20/20 Summit di Singapura, pada September 2016, sebagai yang terbaik dari 230 startup di seluruh dunia, yakni dalam hal pemanfaatan teknologi sebagai solusi pemasaran untuk mendekatkan brand dengan konsumennya.     
 
Lewat platform GetCRAFT, proses  pencarian kreator konten dan media massa untuk menerbitkan konten berkualitas menjadi lebih mudah; termasuk juga harga yang  transparan, sehingga mempermudah marketer saat memperhitungkan biaya dan perkiraan pendapatan dari investasi pada program pemasaran ini.
    
Selama proses kreasi konten, tim produksi GetCRAFT yang terdiri atas Managing Editor dan Video Producer dengan total pengalaman 100+ tahun di  bidang produksi konten, akan  menerapkan prosedur kendali mutu secara ketat untuk memastikan setiap konten yang diproduksi memenuhi standar yang diharapkan, dan tujuan komunikasi brand tersampaikan secara efektif melalui berbagai format  konten dan media.    
    
Setelah campaign usai, lewat platform GetCRAFT, klien akan menerima laporan performa konten yang komprehensif, mudah    dipahami, sekaligus rekomendasi tentang hal-hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan efektivitas campaign pada masa mendatang.  
 
Setelah berjalan lebih dari dua tahun, Network kreator GetCRAFT telah menjaring lebih dari 250+ channel media massa, 250+ influencer media sosial, 425+ jurnalis dan editor berpengalaman, 115+ tim video lintas kategori, serta 160+ fotografer dan desainer profesional.  
 
Sejauh ini pula, GetCRAFT telah berkolaborasi dengan lebih dari 130 brand ternama seperti Samsung, Unilever, Nestlé, Indosat, MatahariMall, GOJek, AXA, FWD Life, Bintang, General Electric, Wego, Tourism Australia, dan lainnya. Menjalankan lebih dari 1.700 project, serta menghasilkan lebih dari Rp26 miliar untuk    para kreator di Network yang kini menghasilkan rata-rata 1  konten per 12 menit.    
    
"Misi  kami adalah membantu brand mengedukasi dan menginspirasi konsumennya lewat konten, menawarkan penerbit media massa pilihan model bisnis yang fokus pada produksi konten berkualitas, serta membuka lapangan pekerjaan kepada para kreator berpengalaman lewat peluang kerja freelance dengan tarif kompetitif  dan berkelanjutan. Kami menyebutnya, 'Change Brands, Change Media, Change Work'," ujar Patrick Searle, CEO GetCRAFT.    
    
"Dan mulai dari Indonesia, kami akan segera ekspansi ke Asia Tenggara," ucap Patrick menambahkan.
 
 
 
(ROS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif