Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dok. Medcom.id
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dok. Medcom.id

Jokowi Dinilai Jalankan Amanat Konstitusi Melalui Perdamaian

Deny Irwanto • 02 Juli 2022 18:05
Surabaya: Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai menjalankan amanat  Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 setelah melakukan lawatan ke Rusia dan Ukraina.
 
Pakar sejarah Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Rojil Nugroho Bayu Aji, mengatakan kepemimpinan Jokowi telah bergerak apik menerapkan politik bebas aktif.
 
"Politik bebas aktif sesuai dengan UUD, artinya amanat itu menjadi poin penting bagi pemerintah Indonesia. Terutama era Presiden Jokowi dalam perdamaian dunia," kata Rojil di Surabaya, Jawa Timur (Jatim), Sabtu, 2 Juli 2022.
 
Baca: Moeldoko: Lawatan Presiden ke Ukraina-Rusia Murni Demi Kemanusiaan

Rojil menjelaskan kunjungan Jokowi ke dua negara yang sedang berkonflik tersebut membawa sebuah misi perdamaian. Kondisi demikian menurut Rojil menjadi gambaran bahwa Jokowi telah menjalankan dengan baik nilai-nilai yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar (UUD) 1945.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menilai keputusan Jokowi mengunjungi Rusia dan Ukraina merupakan sebuah langkah tepat.
 
"Oleh karena itu tepat sekali ketika Pemerintah Indonesia Presiden Jokowi itu ingin kemudian mempertemukan dan mendamaikan mereka. Karena itu sesuai dengan amanat UUD," jelas Rojil.
 
Terlebih lagi nantinya menurut Rojil imbas positif yang dihasilkan tidak hanya dapat dirasakan langsung Indonesia dan semua negara-negara di dunia.
 
"Ini menunjukkan bahwasanya Indonesia konsisten terhadap politik luar negeri bebas aktif yang itu sesuai dengan amanat konstitusi," ujar Rojil.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif