Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

PPKM Bukan Barang Baru bagi Jatim

Nasional Virus Korona PSBB pandemi covid-19 PSBM
Anggi Tondi Martaon • 08 Januari 2021 22:52
Jakarta: Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) bukan barang baru bagi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur (Jatim). Kebijakan tersebut serupa dengan pembatasan kegiatan yang dibuat oleh Pemprov Jatim sebelummya.
 
"PPKM ini sangat mirip dengan protokol kesehatan yang sudah kita terapkan," kata Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Dardak dalam diskusi virtual yang disiarkan di akun YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jumat, 8 Desember 2021.
 
Perbedaan hanya pada ketentuan pembatasan. Contoh, kapasitas pengunjung rumah makan maksimal 50 persen. Sedangkan, ketentuan di PPKM maksimal 25 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain itu, pusat perbelanjaan diperkenankan beroperasi hingga pukul 21.00 WIB. Sedangkan dalam PPKM yang akan diberlakukan selama 11-25 Januari 2021 hanya sampai 19.00 WIB.
 
"Ini adalah contoh perbedaan yang diterapkan di dalam PPKN dibandingkan protokol kesehatan yang kami atur," kata dia.
 
Baca: PPKM Tangsel Berlaku Mulai Besok
 
Selain itu, Pemprov Jatim telah melakukan berbagai upaya untuk meminimalkan lonjakan kasus selama libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (Nataru). Di antaranya menutup tempat wisata.
 
Dia mengakui, kebijakan tersebut bakal berdampak buruk terhadap sektor pariwisata. Namun, langkah itu tetap diambil untuk mengantisipasi lonjakan kasus covid-19 selama libur Nataru.
 
"Momen pergantian tahun manfaat mencegahnya lebih besar daripada mudarat ekonominya karena kita harus mengutamakan kesehatan," ujar dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif