Ilustrasi korona. Medcom.id
Ilustrasi korona. Medcom.id

Epidemiolog: Penguasaan Data Kunci Hindari Ledakan Kasus Covid-19

Nasional survey Virus Korona kemenkes pandemi covid-19 Satgas Covid-19
Antara • 15 Mei 2021 09:28
Jakarta: Epidemiolog dari Centre for Environmental and Population Health, Griffith University Australia, Dicky Budiman, mengatakan penguasaan data menjadi kunci menghindari ledakan kasus covid-19. Khususnya, setelah arus balik Idulfitri 1442 Hijriah.
 
"Penting memperkuat data deteksi kasus, sistem pelaporan, pengolahan, analisis, hingga interpretasi data yang dapat dijadikan acuan untuk pengambilan keputusan," kata Dicky dikutip dari Antara, Sabtu, 15 Mei 2021.
 
Selain itu, aspek umum layanan kesehatan juga mesti diperkuat. Misalnya, program jangkauan ke rumah-rumah, penguatan sistem kesehatan (SDM, alat, obat dan lain-lain), menyiapkan mekanisme rujukan, serta penguatan survailans genomic di tingkat pusat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Memberlakukan pembatasan pergerakan manusia (seperti PPKM) sebelum masa liburan tiba juga harus dilakukan untuk mengurangi risiko penularan," tutur dia.
 
(Baca: Pemda Harus Jadi Penjinak Ledakan Covid-19)
 
Dicky menegaskan setiap individu mesti memiliki prinsip jaga diri, menjaga konsistensi dalam penerapan protokol kesehatan meski telah mendapat vaksinasi. Sebab, cukup satu orang terinfeksi bisa memperburuk situasi.
 
Dia menyebut 5M, yakni mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilisasi/interaksi dan 3T, yakni tracing, testing, dan treatment masih menjadi cara paling efektif menanggulangi pandemi. Selain, menguatkan survailans epidemiologi.
 
Dicky menuturkan sejauh ini penguasaan data masih berpegang kepada 3T yang sangat berguna untuk identifikasi awal covid-19. Sehingga dapat mencegah penyebaran virus.
 
Pemerintah telah menetapkan swab antigen sebagai salah satu metode testing. Tes swab antigen bukan hanya cepat tapi juga akurat.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif