Menkes Budi Gunadi Sadikin/MI/Pius Erlangga
Menkes Budi Gunadi Sadikin/MI/Pius Erlangga

Menkes: Partisipasi Masyarakat Penentu Keberhasilan Vaksinasi Covid-19

Nasional Virus Korona presiden jokowi Vaksinasi covid-19
Fachri Audhia Hafiez • 13 Januari 2021 09:45
Jakarta: Vaksinasi covid-19 resmi dimulai. Penyuntikan pertama bakal diberikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) demi meyakinkan masyarakat soal keamanan vaksin.
 
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menegaskan keberhasilan penanganan covid-19 harus melibatkan masyarakat. Tak hanya di Indonesia, tapi seluruh dunia.
 
“Partisipasi masyarakat sangat menentukan keberhasilan. Semoga seluruh masyarakat Indonesia mendukung vaksinasi untuk membangun dunia yang sehat dan bebas covid-19,” tegas Budi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu, 13 Januari 2021.
 
Budi juga memaparkan vaksin merupakan alat yang bisa digunakan untuk melindungi diri. Vaksin juga harus dilakukan demi kepentingan yang lebih besar.
 
“Melindungi keluarga, tetangga, rakyat Indonesia, dan peradaban umat manusia seluruh dunia,” ujar dia.
 
Baca: Jokowi, Raffi Ahmad, Hingga Tokoh Lintas Agama Siap Disuntik Vaksin
 
Vaksin diberikan untuk menciptakan kekebalan kelompok (herd immunity). Setidaknya, 70 persen manusia seluruh dunia harus divaksinasi agar tujuan itu tercapai.
 
“Semoga teman-teman saya, seluruh rakyat Indonesia, bisa memulai program vaksinasi ini untuk membangun Indonesia dan dunia yang lebih sehat dan bebas dari pandemi,” uajr Budi.
 
Badan Pemeriksa Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan pemakaian izin darurat atau emergency use authorization (EUA) terhadap vaksin covid-19 produksi Sinovac, Tiongkok. Indonesia akan memulai vaksinasi hari ini.
 
Presiden Joko Widodo menjadi orang pertama yang akan disuntik. Penyuntikan vaksin disusul kelompok prioritas pertama seperti tenaga kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


(OJE)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif