residen Joko Widodo bersama tujuh stafsus milenial. Foto: Medcom.id/Damar Iradat
residen Joko Widodo bersama tujuh stafsus milenial. Foto: Medcom.id/Damar Iradat

CEO Amarta Diminta Jokowi Kembangkan Inovasi UMKM

Nasional jokowi
Eko Nordiansyah, Damar Iradat • 22 November 2019 03:22
Jakarta: Presiden Joko Widodo meminta Andi Taufan Garuda untuk mengembangkan inovasi di sektor usaha mikro kecil menengah (UMKM). Taufan sebelumnya ditunjuk oleh Jokowi untuk menjadi salah satu staf khususnya.
 
Jokowi mengatakan, Taufan merupakan salah satu putra terbaik bangsa. Ia mendapatkan banyak penghargaan inovasi atas kepeduliannya terhadap sektor-sektor UMKM.
 
“(Taufan) juga menjadi CEO PT Amartha Mikro Fintek. Tugas khusus untuk mengembangkan inovasi," kata Presiden Joko Widodo saat memperkenalkan Taufan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 21 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pria kelahiran Jakarta, 24 Januari 1987 merupakan lulusan Sarjana Bisnis, Institut Teknologi Bandung dan Master of Public Administration, Harvard Kennedy School. Sebelumnya, Taufan bekerja sebagai konsultan bisnis untuk IBM Global Business Services selama hampir dua tahun.
 
Pada 2009, Taufan meninggalkan pekerjaannya dan mendirikan Amartha dengan berbentuk microfinance atau lembaga keuangan mikro. Pada 2016, Amartha bertransformasi menjadi tekfin p2p lending.
 
Amartha hadir sebagai bisnis sosial yang memiliki visi untuk mewujudkan kesejahteraan merata di Indonesia dan serta mendorong percepatan inklusi keuangan terutama untuk ekonomi informal. Amartha telah mengantongi izin usaha Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan berhasil menyalurkan Rp1,6 triliun kepada lebih dari 340 ribu mitra di 5.400 pedesaan.
 
Chief Risk and Sustainability Officer Amartha Aria Widyanto menyatakan, pihaknya bangga dan mendukung penunjukkan Taufan sebagai stafsus Presiden. Menurut dia, berdasar pengetahuan, pengalaman dan kepemimpinan Taufan, ia meyakini Taufan dapat memberikan kontribusi nyata.
 
"Serta terobosan dan inovasi guna mendukung kemajuan ekonomi digital di Indonesia," kata Aria.
 
Amartha diketahui menjadi tekfin dari Asia Tenggara yang mendapatkan penghargaan di SDG Finance Geneva Summit 2019 oleh United Nations Development Programme (UNDP) PBB sebagai perusahaan yang masuk dalam kategori Growth Stage Impact Ventures (GSIV). Amartha menjadi satu-satunya tekfin p2p lending yang menawarkan alternatif investasi yang memberikan keuntungan, sekaligus berdampak nyata pada peningkatan perekonomian masyarakat di pedesaan.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif