Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Dok. Istimewa
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie). Dok. Istimewa

Vaksinasi Diminta Digencarkan Agar Penanganan Pandemi Maksimal

Nasional Virus Korona covid-19 pandemi covid-19 vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Lestari Moerdijat Vaksin Slank untuk Indonesia
Candra Yuri Nuralam • 17 September 2021 22:57
Jakarta: Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat (Rerie) meminta vaksinasi terus digencarkan meski angka kasus harian covid-19 menurun. Vaksinasi harus digalakkan agar penanganan pandemi bisa maksimal.
 
Rerie juga meminta pemerintah memperbanyak sentra vaksinasi. Sehingga, kekebalan komunal akan lebih cepat didapat masyarakat Indonesia.
 
"Kemudahan masyarakat dalam mengakses vaksin covid-19 sangat diperlukan untuk menggencarkan vaksinasi secara nasional dalam rangka mengejar target kekebalan kelompok di tanah air," kata Rerie melalui keterangan tertulis, Jumat, 17 September 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rerie mengatakan saat ini banyak kelompok masyarakat yang ikut membantu pemerintah memperbanyak sentra vaksinasi. Salah satunya, sentra Vaksinasi Sinergi Sehat yang digadang kelompok Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) yang bekerja sama dengan sepuluh rumah sakit yang tergabung dalam Asosiasi Rumah Sakit Vertikal Indonesia, BAKTI Kominfo, dan Media Group.
 
"Berdasarkan catatan penyelenggaran Sentra Vaksinasi Sinergi Sehat, dalam rentang waktu 22 Juli 2021 sampai 17 September 2021, mampu didistribusikan lebih dari 31.000 dosis vaksin covid-19," ujar Rerie.
 
Baca: Lestari Moerdijat Dorong Optimalisasi Puskesmas untuk Kendalikan Covid-19
 
Rerie mengaku bangga dengan inisiasi sentra Vaksinasi Sinergi Sehat itu. Menurut dia, kelompok masyarakat lain harus bisa mencontoh tindakan itu agar pandemi cepat berlalu di Indonesia.
 
"Sentra vaksinasi tersebut merupakan contoh kolaborasi tiga sektor yang baik antara akademisi, pemerintah dan swasta, dalam mendukung pencapaian negara terkait pengendalian covid-19 di Tanah Air," kata Rerie.
 
Rerie berharap sentra vaksinasi bisa tersebar lebih banyak di Indonesia. Sehingga, masyarakat tidak perlu susah mencari tempat vaksinasi agar bisa lebih kuat dari paparan covid-19.
 
"Apalagi saat ini, ketersediaan vaksin yang diupayakan pemerintah mulai membaik, demikian juga dengan pendistribusiannya ke daerah," kata Rerie.
 
Pemerintah dan seluruh elemen terkait tinggal memperkuat edukasi ke  masyarakat. Upaya peningkatan pemahaman masyarakat tentang pentingnya vaksinasi perlu diperkuat.
 
"Dengan semakin bertambahnya sentra-sentra vaksinasi di lokasi yang terjangkau publik dan meningkatnya pemahaman masyarakat terkait pentingnya vaksinasi serta disiplin protokol kesehatan, terkendalinya covid-19 di Tanah Air bisa segera terwujud," ucapnya.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif