Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Staf Komnas HAM Positif Covid-19

Nasional Virus Korona
Candra Yuri Nuralam • 29 Juli 2020 12:24
Jakarta: Seorang staf Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) positif terpapar virus korona. Staf itu terjangkit covid-19 dari luar lingkungan kantor Komnas HAM.
 
"Karena menunggu orang tuanya yang dirawat di rumah sakit," kata Komisioner Komnas HAM M Choirul Anam saat dikonfirmasi wartawan, Rabu, 29 Juli 2020.
 
Kantor Komnas HAM langsung ditutup usai mengetahui adanya staf yang terpapar virus tersebut. Pelayanan masyarakat sementara dialihkan ke sistem daring.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ditutup seminggu ke depan dan akan dievaluasi lagi nanti. Namun pelayanan fungsi bisa via online, seperti ketika pembatasan sosial berskala besar (PSBB)," ujar Anam.
 
Seluruh pegawai Komnas HAM juga langsung menjalani rapid test. Hal ini untuk memastikan pegawai lain yang tertular di kantor Komnas HAM.
 
"Sedang on progress rapid test-nya," tutur Anam.
 
Sementara itu, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 mencatat 5.477 kasus positif virus korona di DKI Jakarta berasal dari surveilans pasien di fasilitas kesehatan. Angka itu berdasarkan analisis data pada 4 Juni 2020 hingga 26 Juli 2020.
 
"Sebanyak 43 persen dari total kasus,” kata anggota Tim Pakar Satgas Penanganan Covid-19, Dewi Nur Aisyah, Rabu, 29 Juli 2020.
 
Baca: 68 Kantor di DKI Jadi Klaster Baru Covid-19
 
Selanjutnya, kasus terbanyak berasal dari pelacakan kontak erat. Jumlahnya 3.694 kasus atau 29 persen dari total kasus. Kasus lainnya terdeteksi dari active case finding. Dewi menjelaskan metode ini mencari masyarakat tanpa gejala di lapangan untuk dites covid-19.
 
“Sebanyak 3.567 kasus atau 28 persen merupakan hasil active case finding,” ujar Dewi.
 

(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif