Wakil Presiden periode 2004-2009 dan 2014 -2019, Jusuf Kalla. MI/Panca Syurkani
Wakil Presiden periode 2004-2009 dan 2014 -2019, Jusuf Kalla. MI/Panca Syurkani

Tips Menjadi Pemimpin Ala JK

Nasional jusuf kala media group
Sri Yanti Nainggolan • 28 Juli 2020 16:27
Jakarta: Jusuf Kalla berbagi tips menjadi pemimpin. Wakil Presiden periode 2004-2009 dan 2014 -2019 tersebut mengatakan tiap warga Indonesia punya kualitas menjadi pemimpin.
 
"Pada dasarnya kita semua pemimpin dan harus bertanggung jawab," ujar JK dalam webinar Ultimate Minds:Virtual Public Lecture for Nation yang digelar Media Group, Selasa, 28 Juli 2020.
 
Pertama, pemimpin harus tahu masalah. Pemimpin yang mengetahui permasalahan dapat mengambil keputusan yang tepat dan baik. Pemimpin harus banyak membaca dan tahu data agar bisa mengambil keputusan tepat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Di meja saya ada kalkulator karena saya selalu berhitung. Dalam ambil keputusan harus ada pengetahuan dan bukti," tambah dia.
 
Ia mencontohkan konflik di Aceh, Poso (Sulawesi Tengah), dan Ambon (Maluku). Ia mengaku banyak membaca sejarah dan hal-hal yang berhubungan dengan daerah-daerah tersebut.
 
"Kita harus tahu siapa yang kita lawan. Riset, apa hobi (lawan), (siapa) keluarga (lawan). Itu juga cara kita meyakinkan orang," kata dia.
 
Kemudian, keputusan yang diambil harus berdasarkan alasan yang baik. Tak lupa dengan perhitungan yang pas dan dikeluarkan di waktu yang tepat.
 
Terakhir, semua keputusan yang diambil harus disertai tanggung jawab dan dibutuhkan keberanian. Pemimpin harus berani menerima risiko dari keputusan yang diambil.
 
"Berani memang ada risikonya," tegas dia.
 

(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif