Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Ramuan Tradisional dari NTT untuk Stamina, Bukan Obat Covid-19

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 12 Mei 2020 14:26
Jakarta: Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut obat penawar dari Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa meningkatkan stamina. Namun, bukan berarti obat tersebut ampuh membunuh virus covid-19 (korona).
 
"Adapun yang sudah kami terima termasuk juga dari Gubernur NTT, lebih kepada upaya untuk meningkatkan stamina. Ini penting untuk menambah tingkat keyakinan seseorang agar memiliki morel yang lebih tinggi," kata Doni di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta Timur, Selasa, 12 Mei 2020.
 
Doni menyebut obat asal NTT itu seperti ramuan tradisional. Namun, tak semua ramuan dapat diuji klinis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tapi kami menawarkan kepada para dokter apakah ini boleh digunakan dan dari hasil penilaian di rumah sakit, sebenarnya ini bukan obat, lebih kepada ramuan tradisional," jelas dia.
 
(Baca: Indonesia Mengembangkan Obat untuk Menangani Covid-19)
 
Dia menuturkan selama ramuan tradisional itu tak membahayakan kesehatan pasien, maka boleh dikonsumsi. Namun, ihwal keberhasilannya masih menunggu laporan dari sejumlah rumah sakit.
 
Sebelumnya, Gubernur NTT Viktor Bungtilu Laiskodat mengklaim telah menemukan obat tradisional yang mampu menyembuhkan pasien covid-19. Ramuan obat itu telah dikirimkan kepada gugus tugas percepatan penanganan covid-19.
 
"Guna membantu menyembuhkan pasien positif covid-19," kata Viktor, Senin, 11 Mei 2020.
 
Viktor menyebut ramuan yang mampu menyembuhkan virus korona itu merupakan obat tradisional yang sering digunakan warga NTT untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit. Ia mengatakan penelitian terhadap obat ini akan terus dilakukan.
 
"NTT kaya dengan ramuan tradisional untuk berbagai jenis penyakit. Ramuan tradisional untuk covid-19 itu sudah dikirim ke Jakarta untuk digunakan dalam penanganan pasien covid-19," tutur dia.
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif