Ilustrasi salat Jumat. Medcom.id/Surya Perkasa
Ilustrasi salat Jumat. Medcom.id/Surya Perkasa

PBNU Siapkan Protokol Salat Jumat saat New Normal

Nasional Virus Korona PSBB New Normal
Kautsar Widya Prabowo • 03 Juni 2020 12:19
Jakarta: Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) tengah mempersiapkan protokol salat Jumat saat penerapan kenormalan baru (new normal). Organisasi Islam itu belum memutuskan menggelar salat Jumat dalam satu atau beberapa gelombang.
 
"Satu gelombang menurut hukum asalnya. Namun karena ada covid-19 (virus korona), sekarang lagi dibahas dulu," ujar Ketua PBNU Marsudi Syuhud kepada Medcom.id, Rabu, 3 Juni 2020.
 
Marsudi menyebut mekanisme salat Jumat tengah dibahas oleh Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (LBMNU). Ia memastikan dalam waktu dekat akan dikeluarkan instruksi menggelar salat Jumat bagi warga NU.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Segera dikeluarkan," tutur dia.
 
Dia menyebut seluruh masjid NU juga tengah mempersiapkan pembukaan kembali sesuai ketentuan kenormalan baru. Seperti menerapkan protokol kesehatan dalam mencegah penyebaran covid-19.
 
Adapun beberapa protokol kesehatan yang diterapkan NU seperti ibadah di masjid atau musala hanya boleh dilakukan bagi masyarakat yang berada di zona hijau.
 
Jemaah yang menjalankan ibadah harus dalam kondisi sehat. Rutin mengonsumsi vitamin c dan bila merasa kurang sehat tidak ikut salat berjemaah.
 
Jemaah diminta membawa sajadah dari rumah, serta menggunakan masker saat menuju dan selama berada di masjid atau musala. Jemaah dianjurkan tidak menggunakan transportasi umum menuju masjid. Jemaah disarankan menggunakan kendaraan pribadi atau jalan kaki dan mengatur jarak fisik dengan orang lain selama perjalanan.
 
Sebelumnya, Ketua Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia (PP DMI) Jusuf Kalla menyoroti pelaksanaan salat Jumat di tengah pandemi korona (covid-19). Ibadah mingguan itu tak bisa dilaksanakan satu gelombang karena antarjemaah harus menjaga jarak.
 
"Kita anjurkan untuk salat jumat dua gelombang,” kata Kalla di Jakarta, Selasa, 2 Juni 2020.
 

(REN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif