NEWSTICKER
Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Puluhan Ribu Pelajar Adu Kemampuan Matematika

Nasional
M Sholahadhin Azhar • 24 Februari 2020 02:10
Jakarta: Sebanyak puluhan ribu pelajar SD sampai SMA adu kemampuan Matematika di ajang Babak Semifinal Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR) ke 15. Digelar serentak di 49 kabupaten/kota, para pelajar bersaing mendapat tiket final KMNR di Jakarta pada 12 April 2020.
 
"Tercatat, lebih dari 130.000 peserta mengikuti babak penyisihan. Sedangkan peserta yang mengikuti babak semifinal sebanyak 46.450. Prestasi ini tentunya harus diiringi dengan rasa syukur dan motivasi lebih kuat untuk maju ke babak final,” kata Kepala Divisi Pelatihan dan Lomba Klinik Pendidikan MIPA (KPM), Herman Hadiwijaya, melalui keterangan tertulis di Jakarta, Minggu, 24 Februari 2020.
 
Herman mewanti-wanti para peserta bersaing dengan sportif. Sehingga tercipta kompetisi sehat dan berkualitas.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Puluhan Ribu Pelajar Adu Kemampuan Matematika
Peserta kompetisi matematika/Istimewa.
 
"Para peserta dan panitia juga diharapkan senantiasa menjaga kejujuran, profesionalisme, dan sportivitas yang tinggi,” kata dia.
 
Kepala Cabang KPM Depok, Ratisa Meyusni menyatakan tingkat partisipasi siswa semakin tinggi. Terlihat dengan semakin banyaknya siswa dan sekolah mengikuti lomba matematikan ini.
 
"Hal ini dikarenakan ajang ini merupakan satu satunya lomba matematika se Indonesia dari tingkat tingkat Sd sampai SMU dan merupakan yang terbesar di Indonesia," kata dia.
 
KMNR di Depok, diikuti 2.084 siswa. Kepala Divisi Pendidikan Cabang KPM Depok, Ery Krisnaningrum, ingin agar KMNR tak hanya jadi sekadar lomba. Namun juga menjadi wadah untuk menilai daya nalar siswa dalam pelajaran matematika khususnya.
 
"Selain itu juga ke depannya agar lebih banyak lagi sekolah sekolah dan siswa siswa yang berpartisipasi dalam ajang KMNR ini," kata Ery.
 
Salah seorang peserta, Raiyan Dafi, mengaku sangat senang dengan lomba tersebut. Siswa SMP Lazuardi Al Falah GIS Depok ini melihat lomba KMNR bisa menjadi sarana bagi siswa untuk menilai daya nalar siswa.
 
"Ini yang membedakan dengan lomba yang lain. Dan berharap agar terus selalu lomba KMNR ini diadakan di tahun tahun mendatang," kata dia.
 

(ADN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif