Pemuda Diharapkan Turut Aktif Memberantas Narkoba

Gervin Nathaniel Purba 28 November 2018 09:54 WIB
berita kemenpora
Pemuda Diharapkan Turut Aktif Memberantas Narkoba
Pengukuhan 200 peserta Pelatihan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba Tahun 2018 di Hotel Oasis Amir, Senen, Jakarta, pada Selasa, 27 November 2018 (Foto:Dok.Kemenpora)
Jakarta: Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengimbau para pemuda di Jakarta untuk aktif memberantas peredaran obat-obatan terlarang. Diharapkan melalui upaya ini dapat menghasilkan kader-kader yang aktif dalam memberantas narkoba.

"Alhamdullilah, sudah mendapatkan respons yang baik dari Presiden Joko Widodo dengan mengeluarkan peraturan Inpres (Instruksi Presiden) tentang narkoba, tentang penanganan narkoba, rencana aksi selain mencetak kader inti nasional yang satu di antaranya diinisiasi Kemenpora," kata Deputi I bidang Pemberdayaan Pemuda Kemenpora Faisal Abdullah, pada acara pengukuhan 200 peserta Pelatihan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba Tahun 2018 di Hotel Oasis Amir, Senen, Jakarta, pada Selasa, 27 November 2018.

Faisal didampingi Kepala Bidang Wawasan Lingkungan Strategis dan Pencegahan Bahaya Destruktif Yari Isnaeni, dan Kasubdit lingkungan kerja dan masyarakat BNN RI, Kombespol Ricky Yanuarfi.


Kegiatan yang sudah berjalan sejak 2016 ini telah melahirkan kader-kader baru, dibantu oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Badan Narkotika Provinsi (BNP). Tahun selanjutnya, Pelatihan Kader Inti Pemuda Anti Narkoba bakal lebih diperluas jangkauannya.

Kombespol Ricky Yanuarfi mengatakan penyebaran narkoba di Jakarta masih yang tertinggi dibandingkan provinsi dan kota lainnya. Pengguna narkotika di Jakarta mencapai 2,18 persen dari jumlah penduduk.

"Itu artinya Jakarta merupakan ranking pertama terhadap penyalahgunaan narkoba. Perlu ada perhatian khusus dari pemerintah setempat, dari semua komponen, stakeholder, agar ke depan generasi Jakarta bisa terproteksi terjaga dengan baik," ujar Ricky.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id