Masyarakat Diingatkan Jangan Termakan Hoaks JT610

Fachri Audhia Hafiez 30 Oktober 2018 13:03 WIB
Lion Air Jatuh
Masyarakat Diingatkan Jangan Termakan Hoaks JT610
Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Didi Hamzar. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Jakarta: Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) meminta masyarakat tak terpengaruh hoaks terkait jatuhnya pesawat Lion Air JT610. Informasi akurat hanya melalui keterangan Basarnas.

Direktur Kesiapsiagaan Basarnas Didi Hamzar mengatakan penyampaian informasi dilakukan Kantor Basarnas, Kemayoran, Jakarta Pusat. Posko lapangan di Jakarta International Container Terminal 2 (JICT 2), Tanjung Priok, Jakarta Utara, juga menjadi corong resmi Basarnas.

"Kalau di lokasi satu lagi yang di JICT itu di lokasi posko lapangan itu dari SAR Mission Coordinator," kata Didi di Kantor Basarnas, Jakarta Pusat, Selasa, 30 Oktober 2018.


Beredarnya gambar serta video yang dikaitkan dengan musibah jatuhnya Lion Air JT610 sangat mengganggu kenyamanan keluarga korban. Penyebaran harus segera disetop.

"Kasihan keluarga korban. Kami ini kan bekerja dengan standar internasional. Artinya ada prosedur. Saya yakin teman-teman media pasti bisa bekerja sama dengan baik," ucap Didi.

Didi menjelaskan Basarnas resmi memberi keterangan dua kali sehari selama evakuasi tahap satu. Informasi yang kemudian diteruskan media disampaikan pukul 13.00 WIB dan 19.00 WIB.

"Semua berita-berita ini supaya bisa terfokus. Bukan dengan niat untuk menutup-nutupi, tapi itu supaya semua penanganan itu berjalan sesuai dengan dinamika yang ada di lapangan," tegas dia.

Lion Air JT610 rute Jakarta-Tanjung Pinang jatuh di perairan Tanjung Karawang, Senin, 29 Oktober 2018. Pesawat mengangkut total 189 orang. Sebanyak 178 penumpang dewasa, satu penumpang anak-anak, dan dua bayi dengan dua pilot dan enam flight attendant (FA).

Hingga hari ini, sudah ada 24 kantong jenazah yang dikirim ke Jakarta. Penyisiran saat ini dilakukan di sekitar perairan Tanjung Pakis dan Perairan Muara Bungin.





(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id