Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho/Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho/Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Sutopo Doakan Kesembuhan Ani Yudhoyono

Nasional sby kanker darah
Damar Iradat • 14 Februari 2019 14:15
Jakarta: Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwonugroho mendoakan Ani Yudhoyono segera sembuh dari kanker darah. Sebagai sesama penyintas kanker, Sutopo mengakui mengidap kanker sungguh berat.
 
"Sengaja saya mengirimkan doa untuk kesembuhan Ibu Ani (Istri Presiden ke-6 Indonesia Susilo Bambang Yudhyono)dari sakit kanker darah. Saat ini beliau sedang dirawat di NUS Hospital Singapore," kata Sutopo di Jakarta, Kamis, 14 Februari 2019.
 
Baca: Ani Yudhoyono Menderita Kanker Darah

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga meminta Ani tetap semangat dan ikhlas menerima ujian tersebut. Berdoa, ikhtiar, serta selalu bersyukur kepada Tuhan harus terus dilakukan. Menurut Sutopo, masih banyak kenikmatan dan kesehatan tubuh lain yang Allah limpahkan kepada Ani.
 
Ia menjelaskan kualitas hidup harus lebih baik. Ia menyarankan Ani menjaga pola makan.
 
"Hindari makanan yang disukai kanker. Hindari gula kalau perlu tidak usah konsumsi lagi, makanan yang dibakar, berpengawet, dan kimiawi dihindari," beber Sutopo.
 
Ia menyebut Ani harus banyak mengonsumsi buah dan sayur. Namun, yang takal penting ialah menjaga pikiran positif.
 
"Pikiran sangat memengaruhi hati, sikap, batiniah, dan kesehatan tubuh kita," ucap dia.
 
Baca: Presiden Jokowi Doakan Kesembuhan Ani Yudhoyono
 
Ia juga menitip pesan agar SBY dan keluarga sabar merawat Ani. Keluarga merupakan penyemangat utama penyintas kanker.
 
Sutopo memahami sakitnya secara lahiriah dan batiniah ketika dokter memvonis kanker. Kaget, bingung, dan sedih langsung memenuhi benaknya.
 
Sebelumnya, SBY mengumumkan penyakit yang diderita sang istri melalui video, Rabu, 13 Februari 2019. Video dibuat di Singapura.
 
"Dengan rasa prihatin, saya sampaikan kepada para sahabat di Tanah Air, Ibu Ani mengalami blood cancer atau kanker darah," kata SBY.
 
SBY meminta doa kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk kesembuhan istrinya. Ia berharap secepatnya Ani bisa kembali beraktivitas seperti sediakala.
 
"Saya mohon doa dari para sahabat agar Allah SWT, Tuhan yang Mahakuasa, dengan takdir dan kuasanya, memberikan kesembuhan kepada istri tercinta Ibu Ani," kata SBY.
 

 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi