Ilustrasi pengawasan jaga jarak di transportasi umum/Medcom.id/Cristian.
Ilustrasi pengawasan jaga jarak di transportasi umum/Medcom.id/Cristian.

Pemerintah Diminta Perhatikan Aktivitas Transportasi saat New Normal

Nasional transportasi New Normal
Theofilus Ifan Sucipto • 30 Mei 2020 09:58
Jakarta: Aktivitas bertransportasi di masa new normal perlu diperhatikan. Pemerintah harus memastikan kegiatan transportasi mengikuti protokol kesehatan secara ketat, untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19).
 
“Pemihakan pada transportasi umum di era kenormalan baru dapat lebih ditingkatkan,” kata Ketua Bidang Advokasi dan Kemasyarakatan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Djoko Setijowarno di Jakarta, Sabtu 30 Mei 2020.
 
Djoko meminta pemerintah memperhatikan kedisiplinan masyarakat bertransportasi saat kenormalan baru. Sosialisasi dan pengawasan aturan harus maksimal supaya masyarakat menaati protokol kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Protokol Kesehatan di Pasar Diperketat Hadapi New Normal
 
“Pakai masker, datang lebih awal ke halte atau stasiun untuk mengindari kepadatan,” ujar dia.
 
Selain itu, pemerintah juga harus memastikan jumlah transportasi umum tercukupi untuk memenuhi standar jaga jarak. Jangan sampai masyarakat berdesak-desakan di kendaraan yang penuh.
 
Djoko mengimbau masyarakat tidak memaksakan kehendak jika kendaraan sudah penuh. Dia menyarankan untuk menggunakan transportasi umum selanjutnya.
 
Pemerintah Diminta Perhatikan Aktivitas Transportasi saat New Normal
 
Selain itu, dia menyarankan ada sosialisasi massal terkait kegiatan bersepeda. Sebab moda pribadi itu bisa mengurangi kerumunan.
 
“Karena mengurangi kerumunan dalam ruang tertutup dan menghindari antrean serta membuat badan sehat,” tutur dosen teknik sipil Universitas Katolik Soegijapranata itu.
 
Bersepeda, kata dia, bisa mengurangi polusi udara. Sehingga kegiatan tersebut bisa dilakukan oleh masyarkat di kota-kota besar.
 
“Padahal sebelum ada kemudahan menggunakan sepeda motor, masyarakat Indonesia terbiasa bersepeda atau berjalan kaki,” ucap Djoko.

 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif