Presiden Joko Widodo. Dok: Medcom.id
Presiden Joko Widodo. Dok: Medcom.id

Kasus TBC Indonesia Tiga Besar Dunia

Nasional presiden jokowi tuberkolosis
Nur Azizah • 21 Juli 2020 11:11
Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebut Indonesia masuk dalam tiga besar dunia penderita tuberculosis (TBC). Jumlah kasus penyakit berbahaya ini sangat mengkhawatirkan.
 
"Saya ingatkan bahwa Indonesia masuk ke ranking ketiga kasus penderita TBC tertinggi di dunia setelah India dan Tiongkok. Dan TBC merupakan salah satu dari 10 penyakit menular yang menyebabkan kematian terbanyak di dunia," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, 21 Juli 2020.
 
Baca: Jokowi Ingin Indonesia Bebas TBC pada 2030

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jokowi menyebut jumlah kematian penderita TBC di Indonesia lebih tinggi dari HIV/AIDS. Dari data yang ia miliki, 116 ribu orang meninggal akibat TBC pada 2017.
 
"Pada 2018, ada 98 ribu orang meninggal karena TBC. Perlu kita ketahui 75 persen pasien TBC adalah kelompok produktif di usia produktif 15-55 tahun," ujar dia.
 
Kepala Negara ingin Indonesia bebas TBC pada 2030. Jokowi meminta kementerian terkait dan tenaga medis mulai masif melacak penderita TBC untuk mencapai target tersebut.
 
Jokowi menyebut pelacakan penderita TBC harus sama masif dengan covid-19. Sebab, kedua penyakit ini sama-sama berbahaya.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif