NEWSTICKER
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin, 23 Maret 2020. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan pers saat meninjau Rumah Sakit Darurat Penanganan Covid-19 Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Senin, 23 Maret 2020. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A

Jokowi: Covid-19 Menyebar di 189 Negara

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 24 Maret 2020 09:59
Jakarta: Presiden Joko Widodo menyebut virus korona (covid-19) sudah menyebar luas ke segala penjuru dunia. Pasalnya, virus ini sudah menjadi pandemi.
 
"Laporan yang saya terima dari kedubes (kedutaan besar) dari Menlu (Menteri Luar Negeri Retno Marsudi) sampai saat ini covid menyebar di 189 negara," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Negara, Selasa, 24 Maret 2020.
 
Menurut dia, dalam dua hari terakhir, ada tiga negara baru yang disusupi korona, yakni Suriah, Grenada, dan Mozambik. Jokowi menyebut korona memang sulit dicegah masuk ke suatu daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia menekankan semua pihak harus memiliki visi yang sama dalam penanganan virus berbahaya ini. Langkah yang diambil harus mempertimbangkan keselamatan dan kehidupan warga.
 
"Contoh sebuah provinsi, kabupaten, kota, ingin buat kebijakan sekolah diliburkan, kantor ditutup, kemudian tempat transaksi ekonomi, pasar ditutup, tolong dihitung dampak sosial, ekonomi," jelas Kepala Negara.
 
Jokowi: Covid-19 Menyebar di 189 Negara
Grafis Medcom.id
 
Baca: Prioritas Penggunaan 100 Ribu Alat Rapid Test DKI
 
Kasus positif covid-19 di seluruh Indonesia per Senin, 23 Maret 2020, mencapai 579 pasien. Virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok, itu menyebabkan 49 kematian di Tanah Air. Sementara itu, 30 orang berhasil sembuh.
 
Pasien positif korona terbanyak berada di Jakarta. Data di situs corona.jakarta.go.id menyebutkan ada 356 pasien positif di Ibu Kota. Sebanyak 218 pasien masih dirawat, sedangkan 85 lainnya isolasi mandiri. Pasien sembuh mencapai 22 orang dan meninggal 31 orang.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif