Ilustrasi/Medcom.id/Hendrik.
Ilustrasi/Medcom.id/Hendrik.

Satgas Covid-19 Wanti-wanti Klaster Pengungsian Banjir

Nasional Virus Korona covid-19
Nur Azizah • 24 September 2020 18:37
Jakarta: Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19 mewanti-wanti adanya klaster pengungsian banjir. Sebab, beberapa wilayah terinfeksi covid-19 memasuki musim hujan.
 
"Kami ingin mendorong kepada pemerintah daerah agar siap-siaga dan berupaya meminimalisasi risiko penularan covid-19 selama musim hujan ini," kata juru bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmita, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis, 24 September 2020.
 
Wiku mengatakan potensi penularan semakin besar dengan banyaknya pengungsi. Hal ini bisa diminimalisasi dengan kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Kasus Covid-19 Bertambah 4.634, Total Pasien Mencapai 262.022
 
"Misalnya, selama di pengungsian memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan serta menjaga kebersihan lokasi pengungsian dapat menekan potensi penularan," kata dia.
 
Wiku menyampaikan dengan menjaga kebersihan lokasi, maka para pengungsi bisa terhindar dari berbagai penyakit lainnya. Beberapa di antaranya demam berdarah dengue (DBD), lepra, tipus, diare, dan penyakit kulit.
 
"Semua penyakit ini dapat menurunkan imunitas sehingga masyarakat menjadi rentan tertular oleh covid-19," kata dia.
 
Jika tidak memungkinkan untuk jaga jarak, lanjut Wiku, maka pemerintah setempat harus memastikan sirkulasi udara yang baik. Tempat pengungsian juga harus memiliki sinar matahari yang cukup.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif