Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Pemerintah Masih Kaji Pemangkasan Libur Akhir Tahun

Nasional Virus Korona libur panjang protokol kesehatan
Cindy • 26 November 2020 16:07
Jakarta: Pemerintah masih mengkaji rencana pemangkasan periode libur panjang akhir 2020. Libur panjang berdampak pada peningkatan penularan virus korona (covid-19) secara signifikan.
 
"Masih dalam tahap pembahasan. Mohon ditunggu informasi selanjutnya," kata juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito, kepada Medcom.id, Kamis, 26 November 2020.
 
Berdasarkan surat keputusan bersama (SKB) tiga menteri, libur akhir tahun dimulai sejak 24 hingga 31 Desember 2020. Belajar dari kondisi di libur panjang Agustus dan Oktober 2020, pemerintah berencana memangkas durasi cuti bersama demi menekan kasus covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pemerintah Diminta Susun Langkah Antisipasi Menyambut Libur Akhir Tahun
 
"Kami memahami masyarakat sudah jenuh dengan rutinitas yang kebanyakan dihabiskan di dalam rumah. Akan tetapi, musuh kita belum hilang seluruhnya, pandemi belum selesai," ucap Wiku.
 
Dia mengajak masyarakat memilih kegiatan untuk menghabiskan di akhir tahun dengan bijak. Publik harus tetap menerapkan waspada terhadap covid-19.
 
"Sebisa mungkin meminimalisasi kontak dan kerumunan. Selalu perhatikan protokol kesehatan, jangan pernah lupa pakai masker, mencuci tangan, dan hindari bepergian keluar rumah jika tidak mendesak," ujar Wiku.
 
Berdasarkan data Satgas Penanganan Covid-19, libur panjang selalu meningkatkan kasus covid-19. Pada libur Idulfitri Mei 2020, kasus aktif naik 69 hingga 93 persen.
 
Pada libur panjang Hari Kemerdekaan pada Agustus 2020, kasus aktif naik 58 hingga 118 persen. Sementara itu, libur panjang akhir Oktober 2020 membuatkan kasus aktif naik dari 17 hingga 22 persen.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif