Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Foto: BNPB
Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Foto: BNPB

Satgas: Vaksin Harus Lewati Uji Klinis Fase III

Nasional Virus Korona vaksin covid-19 Satgas Covid-19
Nur Azizah • 22 Oktober 2020 18:05
Jakarta: Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan vaksin harus melewati uji coba fase III sebelum diberikan ke masyarakat. Secara umum, fase IIIuji klinik mencakup perbandingan efektivitas suatu obat dengan pengobatan standar.
 
"(Hal) ini sekaligus mendukung arahan Presiden (Joko Widodo)," kata Wiku di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta Timur, Kamis, 22 Oktober 2020.
 
Menurut dia, Presiden meminta proses pembuatan vaksin hingga vaksinasi tak terburu-buru. Wiku mengatakan uji klinis membutuhkan waktu lama agar hasilnya tepat dan aman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Road map vaksinasi yang saat ini telah tahap finalisasi juga memperhitungkan seluruh aspek uji klinis tersebut," ungkap dia.
 
Presiden Joko Widodo meminta pembuatan vaksin dilakukan dengan teliti. Semuanya harus melalui proses yang benar sesuai standar Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).
 
Baca: Siap-siap, Ini Daerah Prioritas untuk Vaksin Covid-19
 
"Vaksin ini saya minta jangan tergesa-gesa karena sangat kompleks. Menyangkut nanti persepsi di masyarakat," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 19 Oktober 2020.
 
Jokowi mengatakan pembuatan vaksin juga harus dikomunikasikan dengan baik ke publik. Dia tak mau masyarakat kembali menggelar aksi karena salah persepsi.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif