Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Rita Rogayah. Dok. BNPB
Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Rita Rogayah. Dok. BNPB

Puskesmas Penentu Pasien Covid-19 Dibawa ke RS atau Hotel Isolasi

Nasional Virus Korona kemenkes pandemi covid-19
Surya Perkasa • 13 Oktober 2020 08:25
Jakarta: Masyarakat yang menderita gejala mirip covid-19 diminta segera datang ke fasilitas kesehatan (faskes) setempat. Petugas puskesmas setempat yang nantinya memutuskan penempatan warga terkonfirmasi positif covid-19 dibawa ke rumah sakit atau hotel isolasi.
 
Direktur Pelayanan Kesehatan Rujukan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Rita Rogayah mengatakan pasien covid-19 yang dibawa ke rumah sakit atau hotel isolasi mandiri harus mengantongi rujukan dari faskes. Sebab, ada parameter tertentu yang harus dipenuhi.
 
"Kalau di hotel isolasi mandiri untuk yang terkonfirmasi tanpa gejala," ujar Rita seperti dilansir laman resmi Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Jakarta, Selasa, 13 Oktober 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rita menyebut fasilitas isolasi yang ada di Indonesia tercatat 51.202 tempat tidur. Fasilitas isolasi tersebut terdiri atas 35 ribu tempat tidur di 132 RS rujukan covid-19 yang ditetapkan Kemenkes dan 16 ribu tempat tidur di 771 fasilitas covid-19 yang ditetapkan gubernur atau bupati dan wali kota.
 
"Kalau kita lihat saat ini sampai Oktober, terlihat penambahan ruang isolasi," ujar Rita.
 
Baca: WHO Tegaskan Pendekatan Herd Immunity Amoral
 
Dia menyebut ruang isolasi masih tersedia 40-50 persen dari total kapasitas. Rasio penggunaan dan ketersediaan tempat tidur di ruang isolasi dinilai Rita masih mencukupi.
 
Rita pun kembali menegaskan seluruh pasien terkonfirmasi positif covid-19 yang dirawat di rumah sakit rujukan atau hotel isolasi mandiri bebas biaya. Seluruh biaya perawatan dari rumah sakit atau hotel isolasi ditanggung pemerintah.
 
"Jadi masyarakat tidak dibebani. Semuanya ditanggung pemerintah. Kalau seandainya masuk rumah sakit hingga ICU semua biaya adalah tanggungjawab pemerintah," ujar dia.
 
(SUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif