4.636 Wisatawan Dievakuasi dari Tiga Gili

Fachri Audhia Hafiez 07 Agustus 2018 18:59 WIB
Gempa Lombok
4.636 Wisatawan Dievakuasi dari Tiga Gili
Kepala Pusat Data, Informasi dan Hubungan Masyarakat BNPB Sutopo Purwo Nugroho/Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez
Jakarta: Ribuan wisawatan lokal dan luar negeri berhasil dievakuasi Tim SAR gabungan dari tiga lokasi yang terdampak gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Ketiga lokasi tersebut ialah Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

"Tetapi sampai tadi malam (Senin, 6 Agustus 2018) pukul 20.00 WIB, tim SAR gabungan yang dipimpin Basarnas berhasil mengevakuasi 4.636 wisatawan lokal maupun asing," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Hubungan Masyarakat BNPB, Sutopo Purwo Nugroho di kantornya, Jalan Pramuka, Jakarta Timur, Selasa, 7 Agustus 2018.

Baca: 21 Desa di Lombok Masih Terisolasi


Sutopo menjelaskan wisatawan yang telah berhasil dievakuasi tersebut masing-masing dibawa ke tiga pelabuhan. Sebanyak 3.673 dievakuasi ke Pelabuhan Bangsal, Lombok Utara, Pelabuhan Benoa, Bali.

Sebanyak 770 orang, dan Pelahuhan Lembar dan ke Lombok Barat 193 orang. Tim SAR gabungan mengerahkan 11 kapal untuk evakuasi.

"Mereka diantar ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali, dan Bandara Internasional Lombok," kata Sutopo.

Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan Bandara Internasional Lombok beroperasi 24 jam. Sebanyak 18 penerbangan ditambah untuk mengakomodasi kepulangan wisatawan.





(OJE)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id