ilustrasi/medcom.id
ilustrasi/medcom.id

Progres Vaksinasi Covid-19 Lansia Masih 27,45%

Nasional Virus Korona vaksinasi vaksin covid-19 pandemi covid-19 vaksin covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 22 September 2021 09:04
Jakarta: Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mendorong pemerintah daerah (pemda) mempercepat vaksinasi covid-19 bagi lanjut usia (lansia). Pasalnya, progres vaksinasi lansia masih rendah.
 
“Baru 27,45 persen sasaran vaksinasi lansia yang sudah vaksin dosis pertama dan 19,25 persen mendapatkan dosis lengkap hingga 20 September,” kata Johnny dalam keterangan tertulis, Rabu, 22 September 2021.
 
Johnny meminta kesediaan lansia untuk divaksinasi covid-19. Sebab, vaksin yang didatangkan pemerintah dijamin aman dan berkhasiat.
 
Selain itu, Johnny mendorong keluarga terdekat mengajak lansia ke sentra vaksinasi. Kemudian membantu mendaftarkan hingga mengantar lansia.
 
“Seiring upaya vaksinasi, masyarakat tetap harus disiplin protokol kesehatan,” ujar politikus Partai NasDem itu.
 
Baca: Pemerintah Perlu Mempertimbangkan Vaksinasi Booster untuk Lansia
 
Johnny menyebut masyarakat tak boleh lengah meski penularan sudah turun. Program vaksinasi juga tidak boleh mengendur supaya kekebalan kelompok segera terbentuk.
 
“Indonesia dipuji dunia karena kecepatan penurunan penularan juga kecepatan vaksinasi dan menandakan langkah Indonesia sudah tepat,” ujar dia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski begitu, seluruh masyarakat diminta tidak berpuas diri. Sebab, masih ada daerah yang capai vaksinasinya rendah.
 
“Hal itu perlu ditingkatkan dan dioptimalkan dengan dukungan dan peran serta seluruh elemen bangsa,” tutur Johnny.

Vaksin untuk Indonesia


Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 

 
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif