Illustrasi. MI/Ramdani.
Illustrasi. MI/Ramdani.

Petani NasDem Dorong Implementasi Reforma Agraria

Nasional pertanian reforma agraria
Faisal Abdalla • 25 September 2019 03:53
Jakarta: Ketua DPP Petani NasDem, Syaiful Bahari menyebut amanat reforma agraria dalam Undang-undang Nomor 5 tahun 1960 belum diterapkan secara maksimal. Hal ini dinilai menjadi penyebab terlambatnya perkembangan pertanian di Indonesia.
 
"Undang-undang tentang Peraturan Dasar Pokok-pokok Agraria (UU PA) telah mengamantkan reforma agraria harus dan mutlak menjadi basis pembangunan sosial-ekonomi Indonesia yang berkeadilan," kata Syaiful saat Dialog Selasa bertajuk 'Millenial NasDem Goyang Senayan: Edisi Hari Tani' di DPP Partai NasDem, Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa, 24 September 2019.
 
Syaiful menyebut UU PA harus diterapkan secara maksimal. Dia mengingatkan, pembangunan sosial-ekonomi Indonesia yang berkeadilan tidak akan terwujud, bila reforma agraria tidak diterapkan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebaliknya, jika reforma agraria tak diterapkan, dia yakin pembangunan ekonomi Indonesia akan rapuh dan tidak berdaulat. Hal itu dikuatirkan malah akan menciptakan kesenjangan sosial.
 
Dia mencontohkan kerapuhan di sektor pertanian disebabkan karena minimnya lahan yang bisa digarap. Permasalahan itu masih membayangi petani-petani di Indonesia.
 
"Bila itu (ketersediaan lahan) tidak terpenuhi sama saja membiarkan kemiskinan di pedesaan," ujarnya.
 

(EKO)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif